Langsung ke konten utama

Mengenal Logo, Fungsi dan Tips Membuatnya Jadi Keren

Mengenal Logo, Fungsi dan Tips Membuatnya Jadi Keren
Tips Membuat Logo

Banyak perusahaan atau badan usaha yang memakai sebuah logo sebagai identitas produk atau jasanya. Logo berguna sebagai ciri khas dan juga membuat calon konsumen tertarik. Lalu bagaimana tips membuat logo yang bagus? Yuk simak dulu artikel berikut ini.

Apa itu Logo?

Logo sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni logos. Yang memiliki arti pikiran, budi pekerti, akal, serta pembicaran. Logo secara umum memiliki arti  sebuah gambar yang berisi tulisan, simbol, merk dagang atau perusahaan guna dijadikan sebagai tanda pengenal dari suatu usaha. 

Banyak pelaku usaha seringkali terhambat dalam menjalankan usahanya, hal ini dikarenakan produknya kurang dikenal serta kalah saing dengan usaha lain. Sebelum membuat sebuah logo hendaknya mengetahui produk atau usaha yang sedang digeluti. Karena biasanya mengandung filosofi-filosofi tertentu.

Kegunaan Logo

Secara umum Logo berguna sebagai identitas sebuah barang atau perusahaan. Logo mampu membuat masyarakat mengingat dan mengenal usaha kamu tanpa harus membaca secara detail informasi lainnya. 

Ditambah lagi, logo juga dapat memberikan nilai sebagai bentuk mewujudkan citra baik dan mampu dipercaya. Seperti yang diketahui, banyak sekali barang-barang dikenal karena bentuk logonya. Yang tentunya tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. 

Selain itu, logo juga wajib mempunya ciri khas tertentu. Hal tersebut bertujuan agar menampilkan tampilan berbeda dengan yang lainnya. Perbedaannya bisa dilihat dari segi bentuk maupun warnanya. 

Tips Membuat Logo yang Keren

Ada beberapa tips dalam membuat logo secara umum agar nantinya hasil yang didapat sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut beberapa tips untuk membuat logo secara umum:

1. Mulailah dengan Mencari Referensi

Tips pertama, yaitu mencari referensi. Referensi ini sangat berguna untuk menambah wawasan. Karena dengan itu, kamu bisa mendapatkan inspirasi dalam membuat logo. Mencari beberapa contoh logo juga. Banyak sekali situs yang ada di internet sebagai bekal meluaskan pengetahuan. Seperti pinterest contohnya.

Banyak logo-logo yang baik pastinya di internet yang bisa kamu jadikan referensi. Ditambah lagi kamu dapat melakukan pengamatan. Mengapa logo tersebut terkenal dan tentunya banyak orang tahu. Dengan ini, setidaknya kamu mempunyai gambaran ingin mendesain seperti apa.

2. Memahami Visi dan Misi Pendirian Usaha

Logo dapat mencerminkan ciri khas dari sebuah produk. Apa yang terkandung di dalamnya. Serta maksud setiap unsurnya. Maka dari itu, perlu bagi kamu untuk memahami visi dan misi pendirian perusahaan atau bisnis. 

Hal tersebut dapat membantu kamu dengan mudah. Mau desain seperti apa, penggunaan elemen apa saja, dan lainnya. Agar nanti orang yang melihatnya paham akan maksudnya. Tanpa harus membaca secara detail tentang usaha dan bisnis tersebut. 

3. Memiliki Filosofi

Logo yang dibuat sebaiknya memiliki pesan atau makna ditujukan kepada calon konsumen. Filosofi lebih memiliki fungsi dalam daripada aspek lainnya pada logo. Pilihlah simbol dan bentuk sesuai dengan pesan dari bisnis kamu.

Untuk mempercantik dan agar terlihat lebih keren. Kamu juga bisa mengkombinasikan beberapa unsur warna. Gunakan warna yang sesuai dengan tema dari usaha, supaya tidak kontras. Langkah ini akan menguatkan proses branding bisnis.

4. Pastikan Mudah Diingat

Tips terakhir adalah mudah diingat. Hal ini sangat penting untuk kamu dalam membuat logo. Tidak terlalu rumit dan penuh serta simpel namun keren. Karena jika terlalu ribet, nantinya calon konsumen akan cepat lupa. Sebab tujuan utama logo adalah mempermudah agar diingat di pasaran. 

Hal tersebut dapat berdampak besar pada produk atau usaha kamu. Menampilkan logo simpel namun keren tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri. Mengingat bahwa itulah yang dapat menarik ketertarikan calon konsumen pada bisnis.

Itu dia tips membuat logo . Dalam membuat logo  sebaiknya jangan asal-asalan. Karena logo akan mempresentasikan produk dan usaha kamu. Atau kamu juga bisa hubungi kami di link ini jika ingin membuat logo. 

Baca juga 

Apa sih Fungsi Logo untuk Usaha Anda

Apa sih Perbedaan Logogram dan Logotype

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt