Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih Perbedaan Logogram dan Logotype

Gb. Perbedaan Logogram dan Logotype

Logogram dan Logotype, Pasti sering dibikin bingung kan dengan beberapa istilah yang satu ini. dari sekian banyak istilah yang ada di dunia desain grafis, logogram dan logotype hanyalah sebagian kecil di antaranya saja, namun cukup banyak yang masih sulit membedakannya. Sebenarnya apa, sih, logogram dan juga logotype itu? Lalu Apa saja yang membedakan diantara keduanya?


Logogram / Logomark

Jenis logo yang satu ini merupakan tanda atau simbol pengenal yang sama sekali tak mengandung nama bisnis. Beberapa contoh mudahnya adalah Nike ‘tick’, Adidas, twitter, instagram, apple atau WWF.

Gb. Logo twitter, instagram dan apple


Logotype

Berbeda dengan logogram atau logomark, jenis logo yang satu ini mengacu pada kata-kata atau nama bisnis yang memang dirancang dengan cara khusus. Contohnya ada Google, Youtube, Disney, Yahoo, atau Coca-Cola.

Gb. Logo google dan yahoo

Saat orang-orang membicarakan tentang desain logo, biasanya mereka akan secara otomatis berpikir tentang logo suatu produk karena namanya. Sangat memungkinkan untuk menghadirkan logo dalam font yang memang sudah ada sebelumnya. Akan tetapi bisa juga suatu logo disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari perusahaan.


Tidak jarang juga logo dibuat dalam bentuk geometris menggunakan bentuk-bentuk huruf abstrak. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan efek tertentu di mata konsumen. Contohnya Coca-cola dan disney.


Logo sendiri merupakan identitas suatu perusahaan yang sangat penting. Itulah mengapa logo tidak boleh dibuat sembarangan. Selain harus bisa dimengerti oleh orang yang melihatnya, logo juga seharusnya mudah diingat dan dikenali karena ciri khasnya. Dibandingkan logo dengan desain yang  ruwet, logo yang sederhana ternyata jauh lebih mudah diingat dan dikenali. Pasalnya, orang-orang memiliki kecenderungan untuk mengingat dan mengenali desain yang simpel. 


Sekian pembahasan kali ini mengenai perbedaan logogram dan logotype. Jangan lupa berkarya dan share artikel ini, Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Apa sih Perbedaan Logogram dan Logotype"