Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab memori internal hp cepat penuh

Penyebab memori internal hp cepat penuh

Salah satu hal yang sering membuat para pengguna smartphone kesal adalah ketika menerima notifikasi bahwa ruang penyimpanan teleponya sudah penuh. 

Bahkan, ketima kamu yakin telah menghapus hampir semua yang kamu bisa, tampaknya HP selalu mencapai kapasitas maksimum penyimpanannya.

Hal ini tentunya sangat mengganggu karena membuat kamu sulit mengambil foto, video, dan install aplikasi. Jika kamu sering mengalami hal ini, kamu pasti bertanya-tanya apa yang menyebabkannya? 

Untuk membantu kamu, fend.my.id akan membahas beberapa hal yang menyebabkan memori internal HP kamu selalu penuh. Berikut penyebab memori internal hp cepat penuh: 

1. Email dan draf yang tidak pernah kamu bersihkan

Banyak orang membiarkan email menumpuk tanpa pernah menghapusnya sama sekali selama bertahun-tahun. Walaupun ukuran email sebenarnya cukup kecil, tetapi jika kamu biarkan begitu saja bertahun-tahun, pada akhirnya akan memakan kapasitas penyimpanan juga. 

Cobalah periksa kembali aplikasi email dan hapus semua email yang sudah lama dan tidak penting Selain itu, pertimbangkan untuk berhenti berlangganan dari daftar email perusahaan atau aplikasi yang tidak kamu inginkan. 

2. Adanya aplikasi yang tidak kamu gunakan, tapi tidak dapat kamu hapus 

Jika ada aplikasi di HP yang tidak kamu butuhkan, tentunya kamu ingin menghapusnya agar tidak memakan ruang penyimpanan. Namun, ternyata beberapa aplikasi tidak dapat kamu hapus. Pada akhirnya, ini akan tetap ada di sana dan memakan ruang penyimpanan.

3. Cache yang tidak Anda hapus 

Fungsi cache adalah untuk menyimpan data sehingga jika ada permintaan di masa mendatang untuk data tersebut, ini dapat diproses dan disediakan dengan lebih cepat. 

Akan tetapi, cache juga bisa menyimpan data yang tidak lagi kamu perlukan, yang kemudian akan menghabiskan ruang penyimpanan tanpa kamu sadari. Kamu bisa menghapus cache pada browser apa pun yang kamu gunakan di HP, seperti Google Chrome, Firefox, Safari, atau lainnya. Cukup masuk ke pengaturan dan klik opsi hapus riwayat dan cache untuk mengosongkan ruang. 

4. File lain-lain 

Banyak file lain bisa datang dalam segala bentuk di penyimpanan internal HP. File tersebut dapat berhubungan dengan sejumlah aspek, seperti aplikasi atau sistem. Jika kamu biarkan selama bertahun-tahun, file lain ini akan menumpuk dan kemudian menghabiskan penyimpanan internal.

Untuk memeriksa berbagai file tidak penting yang menghabiskan ruang penyimpanan, kamu bisa membuka penyimpanan internal di perangkat. Caranya melalui pengaturan atau settings, klik opsi penyimpanan, dan di sana kamu akan melihat file lain-lain. 

Mayoritasnya jelas tidak kamu butuhkan, seperti file dari aplikasi yang sudah kamu uninstall. Lalu tangkapan layar yang kamu ambil beberapa waktu lalu, gambar dari grup WhatsApp yang tidak kamu butuhkan, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa penyebab memori internal hp cepat penuh yang bisa fend.my.id jelaskan. 

Posting Komentar untuk "Penyebab memori internal hp cepat penuh"