Langsung ke konten utama

Seperti Apa Bentuk Pecahan Uang Kertas Baru? Yuk simak dulu.

Selamat pagi, siang, sore atau malam dimanapun kamu membaca artikel ini. Bertemu lagi disini dengan Fend. Pada bulan Agustus kemarin Bank Indonesia telah resmi mengeluarkan pecahan uang kertas baru untuk tahun emisi 2022.

Seperti Apa Bentuk Pecahan Uang Kertas Baru?

Dilihat dari warna, pecahan uang kertas terbaru ini tidak jauh beda dari yang sebelumnya. Namun, pecahan uang kertas baru ini mempunyai desain warna yang lebih tajam dan unsur pengamanan yang lebih kuat.

Pada bagian depan uang kertas baru menggunakan gambar pahlawan sebagai gambar utamanya. Sedangkan di sisi belakang, ada gambar berbagai kebudayaan dan warisan adat Indonesia.

Saat peresmian pecahan uang kertas baru yang diadakan pada tanggal 18 Agustus 2022 lalu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warijyo, menyebutkan bahwa peluncuran uang baru ini merupakan wujud komitmen untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat.

Seperti Apa Bentuk Pecahan Uang Kertas Baru?

Presiden Jokowi telah menetapkan 8 pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang baru. Supaya lebih paham, kami sudah merangkum karakteristik setiap pecahan uang baru beserta gambarnya di bawah ini.

1. Bentuk Uang Baru Pecahan Rp 1000

Untuk uang kertas pecahan Rp1000 atau seribu menggunakan gambar pahlawan Tjut Meutia, yang merupakan pahlawan nasional dari daerah Aceh. Ia turut berpartisipasi dalam pertempuran melawan Korps Marechausée dan gugur pada 24 Oktober 1910 di Alue Kurieng.

Bagian depan uang Rp1.000

Uang pecahan seribu ini berwarna hijau dan memiliki ukuran 121×65 mm. Pada bagian belakangnya, terdapat gambar Tari Tifa yang dipadukan dengan keunikan alam Banda Neira dan bunga Anggrek Larat.

Bagian belakang uang Rp1.000

2. Bentuk Uang Baru Pecahan Rp2.000

Bagian depan uang pecahan Rp2.000 menampilkan gambar utama pahlawan Mohammad Hoesni Thamrin. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai politisi dan pemimpin yang cerdas serta berwibawa di era Hindia Belanda.

Bagian depan uang Rp2.000

Selain itu, Mohammad Hoesni Thamrin juga menjadi tokoh Betawi pertama yang tergabung sebagai anggota Volksraad (Dewan Rakyat). Bahkan, beliau pun pernah menyumbangkan dana untuk membangun lapangan sepak bola khusus di daerah Petojo pada tahun 1932.

Bagian belakang uang Rp2.000

Uang pecahan Rp2.000 mempunyai ukuran 126×65 mm dan didominasi oleh warna abu-abu. Di sisi belakangnya, kamu dapat menemukan gambar Tari Piring, pemandangan alam Ngarai Sianok, dan bunga Jeumpa.

3. Uang Pecahan Rp5.000

Nah, dalam uang pecahan Rp5.000, kamu akan menemukan pahlawan nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utamanya.

Bagian depan uang Rp5.000

Dr. K.H. Idham Chalid merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pemimpin Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Selain berjasa untuk agama dan negara, beliau juga mewariskan dua yayasan pendidikan agama Islam, yakni Darul Maarif di Jakarta Selatan dan Darul Qur’an di Cisarua, Bogor.

Bagian belakang uang Rp5.000

Uang pecahan Rp5.000 ini berwarna cokelat dengan ukuran 131×65 mm. Untuk bagian belakangnya, terdapat warisan kebudayaan khas Indonesia, seperti Tari Gambyong, pemandangan alam Gunung Bromo, dan bunga Sedap Malam.

4. Uang Pecahan Rp10.000

Bagian depan pecahan uang Rp10 ribu menampilkan pahlawan nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar utama. Beliau adalah mantan Gubernur Provinsi Papua ke-4 yang berupaya untuk mempersatukan Irian Barat dengan Indonesia.

Bagian depan uang Rp10.000

Pecahan uang Rp10 ribu ini mempunyai ukuran 136×65 mm dan didominasi oleh warna ungu. Kemudian, kamu juga bisa melihat gambar Tari Pakarena, keunikan alam Taman Nasional Wakatobi, dan bunga Cempaka Hutan Kasar yang diperindah dengan motif Ne’Limbongan Toraja dan motif Pa’Barana pada bagian belakangnya.

Bagian belakang uang Rp10.000


5. Uang Pecahan Rp20.000

Pada bagian depan pecahan uang Rp20 ribu terdapat gambar pahlawan Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar utamanya. Dr. G.S.S.J. Ratulangi adalah salah satu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menghasilkan UUD RI.

Bagian depan uang Rp20.000

Ia juga merupakan Gubernur Sulawesi pertama. Tidak hanya itu, beliau pernah menjadi anggota Dewan Rakyat mewakili Minahasa di tahun 1927 dan terus mendukung hak rakyat, serta nasionalisme Indonesia.

Bagian belakang uang Rp20.000

Selain gambar utama, kamu juga bisa menemukan perpaduan Tari Gong, pemandangan alam Derawan, dan bunga Anggrek Hitam. Pecahan Rp20 ribu ini mempunyai ukuran 141×65 mm dan didominasi oleh warna hijau.

6. Uang Pecahan Rp50.000

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jepun Bali, dan motif khas Indonesia.Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jepun Bali, dan motif khas Indonesia.

Bagian depan uang Rp50.000

Bagian belakang menampilkan Tari Legong yang disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Komodo, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Jepun Bali. Desain uang pecahan Rp50.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia. Uang Rp50.000 memiliki ukuran 146x65mm dan didominasi warna biru.

Bagian belakang uang Rp50.000

7. Uang Pecahan Rp100.000

Pada bagian depan uang pecahan Rp100.000 menampilkan Tokoh Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta, sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Bulan, dan beberapa motif khas Indonesia.

Bagian depan uang Rp 100.000 emisi 2022
Bagian depan uang Rp100.000

Untuk bagian belakang menampilkan Tari Topeng Betawi yang disandingkan dengan keindahan alam Raja Ampat, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Bulan yang dikenal sebagai Puspa Pesona. Desain uang pecahan Rp100.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia. Uang pecahan Rp100.000 memiliki ukuran 151x65mm dan didominasi warna merah pada bagian depan dan belakangnya.

Bagian belakang uang Rp 100.000 emisi 2022
Bagian belakang uang Rp100.000

Itu dia penampakan uang kertas baru yang dirilis pada bulan Agustus kemarin. Kalian bisa menukarkan uang yang baru di Bank Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt