Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

Selamat pagi, siang, sore atau malam dimanapun kamu membaca artikel ini. Bertemu lagi disini dengan Fend

Memasuki penghujung tahun 2022, cuaca yang tengah melanda berbagai kota di seluruh Indonesia boleh dikatakan tidak menentu. Kadang hujan, kadang panas, perubahannya pun bisa sangat cepat.

Fenomena yang satu ini disebut dengan musim pancaroba, yakni peralihan dari musim satu ke musim lainnya. Saat musim ini tiba, tidak jarang berbagai penyakit mulai melanda. Banyak orang terserang batuk pilek, demam berdarah, dan lain-lain.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar selama musim pancaroba, Anda bisa mengikuti tips menjaga kesehatan berikut ini.

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tips menjaga kesehatan yang pertama yaitu mengonsumsi makanan sehat. Makanan adalah salah satu unsur terpenting dalam menjaga kesehatan. Baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Makanan sehat dengan nutrisi dan gizi yang seimbang akan membantu tubuh kita tetap kuat di musim pancaroba. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan tubuh dengan makanan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Seperti sayuran, lemak sehat, buah-buahan.

Selain asupan makanan sehat, pastikan untuk menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan cukup. Caranya yaitu dengan mengonsumsi air mineral setidaknya 1-2 liter setiap harinya.

Terakhir, jaga pola makan dan upayakan untuk makan teratur. Sebab, pola makan yang tidak teratur akan menimbulkan masalah yang cukup serius terhadap kesehatan Anda dan bisa mengganggu fungsi organ dalam tubuh.

Makanlah secukupnya, jangan makan sampai kekenyangan atau kekurangan. Makan berlebihan akan memicu obesitas sedangkan makan terlalu sedikit dapat berisiko kekurangan nutrisi.

2. Rutin Berolahraga

Tips menjaga kesehatan yang kedua yaitu rutin berolahraga. Sama halnya dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Cukup dengan meluangkan waktu sekitar 10-15 menit per harinya, Anda sudah bisa menjaga imunitas tubuh dengan baik. Selain menjaga imun, olahraga juga memiliki manfaat lainnya. Diantaranya yaitu meningkatkan daya fokus ataukinerja otak, menjaga berat badan, mencegah resiko terkena penyakit tertentu, dan masih banyak lagi.

3. Hindari Merokok dan Mengkonsumsi Alkohol

Bukan lagi rahasia umum jika merokok dan mengkonsumsi alkohol adalah dua hal yang berbahaya bagi tubuh kita. Sebab, alih-alih mendatangkan manfaat, keduanya justru menimbulkan malapetaka untuk kesehatan kita di kemudian hari.

Sebagai contoh, mengkonsumsi alkohol dapat membuat tubuh kita lebih mudah terkena infeksi bakteri dan virus. Hal ini dikarenakan alkohol merusak sel dendritik yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh.

Oleh karenanya, jika Anda ingin tetap fit dan menjaga kesehatan sampai hari tua, sebaiknya Anda menerapkan tips menjaga kesehatan yang satu ini. Selain baik untuk diri sendiri, tidak merokok dan minum alkohol juga bisa menjaga kesehatan orang di sekitar Anda.

4. Istirahat yang Cukup

Tips menjaga kesehatan yang keempat yaitu istirahat yang cukup. Tidur adalah salah satu hal krusial yang tidak boleh kita sepelekan. Pasalnya, dengan tidur yang cukup Anda akan merasakan banyak manfaat.

Antara lain kekebalan tubuh bekerja dengan baik, meningkatkan daya fokus di siang hari, mengendalikan hormon stres, dan membantu organ dalam tubuh bekeja dengan maksimal sehingga dapat mengoptimalkan fungsinya dan membuat kita tetap bugar.

Orang yang tidurnya kurang dari 6 jam perhari akan lebih mudah terserang flu, kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu, tidak bersemangat, dan lebih mudah tersinggung atau marah. Jika memungkinkan, usahakan untuk tidur setiap harinya 7-8 jam dengan pola tidur yang sama.

5. Kelola Stres

Tips menjaga kesehatan yang kelima yakni mengelola stres. Stres membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan ketika stres melanda, tubuh kita melepaskan 1 hormon penting yang berperan dalam melawan penyakit yakni hormon kortisol.

Tidak hanya itu, bila mana terus-menerus dibiarkan, stres dapat berubah menjadi depresi yang dapat mengancam keselamatan kita dan orang di sekitar.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres antara lain dengan melakukan yoga, meditasi, rutin berolahraga, dan konsumsi makanan sehat.

6. Menjaga Kebersihan

Tips yang keenam yaitu menjaga kebersihan. Ada begitu banyak bakteri, kuman, bahkan virus yang bertebaran di sekitar kita. Dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, setidaknya kita dapat meminimalisir resiko terjangkit dari berbagai macam jenis penyakit.

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan antara lain yaitu:

  • Mandi setiap hari, setidaknya dua kali dalam sehari
  • Rajin mencuci tangan terutama sebelum dan sesudah makan, setelah menyentuh hewan maupun unggas, dan setelah beraktivitas di luar ruangan.
  • Tutup mulut dan hidung menggunakan tisu saat batuk maupun bersin
  • Rutin membersihkan rumah, baik itu di dalam maupun di luar

7. Bersosialisasi dengan Orang Sekitar

Tips menjaga kesehatan yang terakhir yaitu bersosialisasi dengan orang sekitar. Sebagai mahluk sosial, bersosialisasi merupakan salah satu kebutuhan yang harus kita penuhi.

Sebab, rasa kesepian akan menimbulkan perasaan cemas, was-was, stres, serta mendatangkan berbagai penyakit lainnya. Inilah mengapa bersosialisasi sangat penting untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik. Terutama dalam merawat kesehatan mental.

Posting Komentar untuk "7 Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba"