Langsung ke konten utama

9 Situs Download Stok Foto Gratis

Selamat pagi, siang, sore atau malam dimanapun kamu membaca artikel ini. Bertemu lagi disini dengan Fend

Situs download font gratis
Situs download font gratis

Kamu masih mendownload foto di Google saat mau bikin konten? Iya kan? Kalau iya, pastinya kamu pernah mengalami kejadian saat kamu download foto, fotonya ada watermark-nya, ada hak ciptanya, resolusinya kecil, atau bahkan kamu kesulitan mencari foto yang kamu inginkan, pasalnya pilihan foto yang ada di Google kadang tidak sesuai dengan kebutuhanmu.

Pada postingan kali ini Fend.my.id akan membagikan beberapa Situs Download Stok Foto Gratis yang bisa digunakan dengan bebas, kamu gak perlu takut melanggar copyright, pilihan gambarnya banyak, dan pastinya punya kualitas yang bagus.   

Yuk, simak apa saja situs download foto tersebut!

1. Pexels

Pexels merupakan salah satu situs penyedia foto gratis terbaik. Selain memiliki koleksi foto yang banyak. Pexels memiliki tampilan menu navigasi yang sederhana yang pastinys sangat mudah untuk bisa kamu pahami.

Situs Pexels terdapat fitur unggulan yang bernama Advanced Search, dengan fitur ini kamu bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci, opsi orientasi, juga warna gambar sesuai yang kamu butuhkan. Hal ini menjadikan pencarian jadi lebih mudah dan lebih sesuai dengan keinginan. 

Pexels juga memiliki menu Discovery yang bisa membantu kamu menemukan koleksi foto terpopuler, foto pilihan, ataupun foto berdasarkan kategori dengan lebih mudah. Lalu ada juga fitur Photographer Leaderboard yang akan membantumu menemukan foto yang paling banyak dicari berdasarkan kontributor (fotografer) favorit. Berikut ini adalah salah satu foto yang ada di situs pexels.

Graphic design
Graphic design

Untuk lisensi dari Pexels, kamu bisa menggunakan foto secara gratis, tidak perlu memberikan kredit, dan boleh mengubah foto sesukamu. Tapi tetap jangan lupa baca lisensi lengkapnya ya ketika kamu ingin mendowloadnya.

2. Pixabay

Lebih dari 2,3 juta foto bisa kamu temukan di Pixabay, hal ini menjadikan pixabay sebagai salah satu penyedia foto gratis dengan katalog terbanyak. 

Di Pixabay tidak hanya ada foto lho, ada juga ratusan ribu aset seperti lainnya seperti vektor, ilustrasi, video, sampai music yang bisa kamu download secara gratis.  

Dengan banyaknya pilihan foto, kamu tidak akan kesulitan dalam menemukan foto yang mau kamu pilih, karena Pixabay mempunyai layout website yang rapi. Dan mempunyai fitur pencarian yang komplit, sehingga kamu bisa dengan mudah mencari berdasarkan orientasi foto, kategori, resolusi, sampai warna foto. Dibawah ini adalah salah satu gambar yang ada di situs pixabay:

Desain walpapper

Ada juga fitur SafeSearch yang akan menjamin hasil pencarian kamu aman untuk semua umur. Untuk lisensi dari Pixabay, kamu dapat menggunakan semua foto secara gratis untuk keperluan komersial dan nonkomersial, dicetak maupun digital. 

3. Unsplash

Tidak mau kalah dengan Pixabay, situs penyedia foto gratis yang satu ini memberikan banyak kemudahan untuk penggunanya.  Namanya Unsplash. Dengan menyediakan pilihan resolusi foto yang sederhana: Small, Medium, & Large. Kamu dapat dengan mudah memilih resolusi foto sesuai kebutuhan. 

Unsplash mempunyai banyak koleksi foto yang gak kalah dengan 2 situs yang admin sebutkan tadi, ada sekitar 3 juta lebih koleksi foto dan yang menariknya lagi adalah koleksi foto di Unsplash terus bertambah setiap hari. 

Daftar kategori dari Unsplash ini sangat beragam. Selain memiliki kategori umum seperti teknologi, alam, atau fashion. Unsplash juga memiliki daftar kategori yang unik seperti double exposure, spiritual, sampai tekstur & pola.  Berikut ini ada salah satu foto yang ada di unsplash:

Palet warna

Semua foto dirilis secara gratis di bawah lisensi Unsplash. Kamu bisa menggunakannya untuk keperluan komersial dan non komersial. 

4. xFrame

Jika Kamu membutuhkan stok foto dengan model orang-orang asia, kamu bisa mengunjungi situs xFrame.io, situs ini menyediakan banyak sekali stok foto yang modelnya orang asia. 

Situs xFrame bisa dikatakan situs penyedia foto yang sangat unik. Kelebihan dari xFrame adalah setiap hari akan ada update stok foto, setidaknya ada 50 foto baru dengan tema dan genre yang belum pernah ada sebelumnya. 

Sama seperti situs penyedia foto gratis lainnya, xFrame memiliki banyak kategori yang dapat memudahkan kamu mencari foto yang diinginkan, seperti: education, business, family, lifestyle, dan masih banyak lagi. Untuk kualitas foto, xFrame juga memberikan yang terbaik. 

Lisensi dari xFrame selain bisa digunakan untuk personal use, kamu juga bisa menggunakan stok foto untuk keperluan, bahan iklan, promosi, presentasi, dll. 

5. StockSnap

Yang selanjutnya adalah StockSnap. Banyak sekali pilihan stok foto gratis dengan kualitas profesional dan foto beresolusi tinggi ada di dalam situs ini. 

StockSnap memiliki fitur pencarian yang sangat mudah dan praktis, sehingga para pengunjung situs ini dapat dengan mudah menelusuri ribuan foto yang tersedia. 

Kelebihan lainnya dari situs ini adalah penambahan ratusan foto setiap harinya dan semua foto yang dirilis akan ada di bawah domain public commons creative, yang mana tidak diperlukan atribusi.

Semua foto yang kamu gunakan di Stocksnap bisa untuk keperluan pribadi ataupun komersial. Gratis untuk diunduh, diedit, juga untuk digunakan.

6. Reshot

Reshot mempunyai desain website yang minimalis, sangat memudahkan untuk kamu dalam mencari jenis foto yang diinginkan. Bisa melalui navigasi, ataupun kolom pencarian. 

Kamu bisa menjadikan Reshot sebagai situs pilihan untuk mendownload bahan kontenmu. Selain itu ada juga 40 ribu ikon dengan format SVG dan 1500 vektor. Reshot memiliki koleksi yang juga cukup unik, sangat cocok untuk kebutuhan konten visual yang kreatif. 

Tidak lupa juga dengan keunggulan lainnya yaitu fitur pencarian yang sederhana dan user friendly. Semua foto dari Reshot bisa kamu gunakan untuk konten sosial media, online marketing, project edukasi, dll secara gratis.

7. Burst

Situs download stok foto gratis yang satu ini merupakan bagian dari Shopify, salah satu ecommerce web builder terbaik saat ini.

Meski begitu, Burst tidak hanya bisa digunakan untuk pengguna platform Shopify. Siapapun bisa menggunakan Burst untuk konten media sosial, blog, toko online, dan yang lainnya. Yang menarik, kalau kamu tidak menemukan gambar yang dicari, kamu bisa mengirimkan request khusus ke Burst. Karena itu Burst bisa dikatakan merupakan situs download foto gratis terbaik yang pernah ada Sayangnya situs ini tidak mempunyai filter pada fitur pencarian, sehingga bisa membuat kamu sedikit kesulitan dalam mendapatkan foto secara spesifik sesuai keinginan. 

Kamu bisa menggunakan foto secara gratis untuk tujuan komersial dan nonkomersial, dengan ketentuan kamu tidak diizinkan untuk menjual foto lisensi apapun sebagai file foto digital atau dalam bentuk lainnya. 

8. Pikwizard

Situs yang satu ini mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh situs lainnya, yakni fitur edit foto gratis. Kamu bisa menambahkan teks atau filter tertentu pada foto tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. 

Pikwizard memungkinkan kamu untuk bisa langsung mendownload dari homepage. Walau begitu, Pikwizard memiliki kekurangan dengan tidak adanya pilihan resolusi foto sebelum kamu download. 

Kategori foto gratis yang ada di Pikwizard termasuk yang sangat beragam. Tidak hanya kategori umum saja, ada juga kategori unik seperti foto ekspresif seseorang atau sekadar kertas kusut. 

Sama seperti situs lainnya, foto yang digunakan dari Pikwizard bisa untuk keperluan pribadi atau komersial. 

9. Picjumbo

Yang terakhir adalah Picjumbo, kesan pertama yang bisa dirasakan ketika kamu pertama kali melihat situs ini adalah tampilanya yang sederhana. 

Kamu bisa menemukan menu kategori, gambar terbaru, atau halaman penting lain langsung dari header homepage. Selain itu ada Dark Mode yang bisa digunakan untuk kamu yang nyaman dengan background gelap. 

Picsjumbo merupakan situs download stok foto gratis dengan koleksi yang gak kalah lengkapnya. Foto-foto yang tersedia di Picjumbo juga relatif lebih unik dibanding situs lainnya. Selain foto, situs ini menyediakan ratusan icon, template, dan mockups untuk berbagai kebutuhan kamu. 

Di Picjumbo kamu juga akan mendapatkan lisensi commercial use, atau bisa digunakan untuk keperluan project pribadi atau komersial. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt