Langsung ke konten utama

Penyebab Bangun Tidur Badan Pegal-pegal dan Lemas

Keyword: bangun tidur, badan pegal,lemas,

Kenapa pas bangun tidur badan terasa pegal-pegal? Ternyata ada beragam penyebab yang bisa membuat kalian bangun tidur pada pagi dengan badan pegal-pegal dan sering disertai lemas. 

Banyak dari kalian mungkin menyangka kondisi ini hanya disebabkan oleh salah posisi tidur. Ternyata bukan hanya itu loh penyebabnya, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab bangun tidur badan terasa pegal:

1. Salah posisi tidur

Dilansir  dari Health Line, beberapa posisi tidur dapat menyebabkan ketegangan tambahan dan memicu rasa pegal pada beberapa bagian tubuh, seperti tengkuk, leher, pinggang, pinggul, dan bahu.

Jika karena salah posisi tidur, pegal yang kalian rasakan saat bangun tidur pada pagi hari akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat.

Untuk mencegah pegal saat bangun tidur selanjutnya, kalian bisa memilih posisi tidur yang terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.

Contohnya, tidur terlentang sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung.

Untuk kalian yang sering sakit pinggang atau nyeri punggung, sebaiknya menghindari posisi tidur tengkurap. Posisi tidur ini sulit menjaga posisi netral untuk tulang punggung.

2. Stres

Saat mengalami stres, sistem kekebalan tubuh kalian cenderung tidak dapat mengontrol respons terhadap peradangan. Akibatnya, tubuh kalian tidak dapat melawan infeksi atau penyakit seperti biasanya.

Hal ini yang bisa menjadi penyebab badan pegal karena tubuh rentan terhadap peradangan dan infeksi, termasuk bisa dirasakan saat bangun tidur.

Jika kalian menyadari stres adalah penyebab badan pegal saat bangun tidur, segeralah buat perubahan kecil pada gaya hidup sehari-hari.

Fokus pada pernapasan kalian dan bebaskan pikiran dari orang-orang atau peristiwa yang menyebabkan kalian stres.

3. Dehidrasi

Air adalah unsur penting bagi tubuh kalian. Tanpa air, tubuh tidak dapat melakukan beberapa proses penting dengan baik, termasuk pernapasan dan pencernaan.

Saat mengalami dehidrasi, proses-proses tersebut tidak akan bekerja dengan baik, kalian bisa saja merasakan sakit pada beberapa anggota badan.

Untuk mengatasi kondisi ini, kalian dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air setiap hari.

Baca juga: Selain Minum Air, ini dia 5 Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Alami dan Cepat

4. Kurang Tidur

Kurang tidur sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pada umumnya, manusia dewasa membutuhkan 6 hingga 8 jam tidur setiap harinya.

Jaringam dan sel  dalam tubuh jelas membutuhkan tidur yang baik untuk tetap sehat. Otak juga membutuhkannya untuk tetap segar dan waspada.

Jika kurang tidur, tubuh kalian akhirnya tidak punya waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat dan mengisi kembali energi. Inilah yang bisa mendatangkan masalah.

Bukannya bangun dengan badan segar, kalian malah bangun tidur dengan badan pegal-pegal akibat kurang tidur. Jadi, penuhi kebutuhan tidur kalian setiap hari.

5. Pilek dan flu

Pilek dan flu adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan. Infeksi ini menyerang tubuh sehingga membuat sistem kekebalan berusaha melawannya.

Peradangan, terutama di tenggorokan, dada, dan paru-paru, bisa terasa menyakitkan. Rasa sakit itu bahkan bisa menjalar pada bagian tubuh lain karena tubuh telah bekerja kerasa melawan infeksi.

Akibatnya, kalian pun dapat merasakan pegal-pegal di badan, termasuk saat bangun tidur di pagi hari. Untuk mengatasi badan pegal saat bangun tidur karena flu, Anda perlu mengobati sumber masalanya.

6. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kalian kekurangan sel darah merah.

Kondisi itu bisa menyebabkan banyak bagian tubuh akhirnya merasa lelah dan badan kurang enak karena tidak mendapatkan cukup oksigen, termasuk saat bangun tidur.

Anemia memiliki banyak penyebab. Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi suplemen untuk menambah asupan zat besi, folat, atau vitamin B-12.

Jika suplemen itu tidak membantu, temui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

7. Kekurangan vitamin D

Hipokalsemia atau kadar kalsium darah rendah, dapat terjadi ketika tubuh kalian tidak memiliki cukup vitamin D.

Padahal banyak organ penting dalam tubuh, seperti ginjal dan otot yang mengandalkan kalsium untuk bekerja dengan baik.

Tulang kalian juga membutuhkan kalsium untuk tetap sehat.

Tanpa cukup vitamin D untuk membantu menyerap kalsium, kalian bisa merasakan sakit atau pegal-pegal di sekitar ginjal, otot-otot, dan tulang.

8. Pneumonia

Dilansir Medical News Today, pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat memengaruhi seluruh sistem pernapasan kalian.

Jika tidak bisa bernafas dengan baik, tubuh kalian tidak bisa mendapatkan cukup oksigen untuk menjaga sel-sel darah merah dan jaringan tubuh tetap sehat.

Kondisi inilah yang dapat menyebabkan badan pegal atau rasa sakit di sekujur tubuh.

9. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah suatu kondisi di mana seluruh tubuh, termasuk otot dan tulang, dapat merasa lelah, pegal, dan sensitif.

Penyebab fibromyalgia tidak pasti. Tetapi dalam sejumlah kasus, penyakit ini bisa timbul karena dipicu oleh stres, trauma fisik, pembedahan, dan infeksi.

10. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah kondisi yang menyebabkan seseorang bisa merasa lelah dan lemah tanpa peduli sudah berapa lama kalian istirahat atau tidur.

Penyakit ini sering menyebabkan insomnia. Karena tubuh kurang beristirahat, CFS akhirnya dapat menjadi penyebab badan pegal berupa nyeri pada otot dan persendian di seluruh tubuh.

11. Artritis

Artritis terjadi ketika persendian Anda meradang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi pada sendi hingga penyakit autoimun yang mengikis lapisan di sekitar sendi.

Hal itu semua diketahui dapat menyebabkan nyeri pada persendian dan membatasi gerakan para penderita.

12. Multiple sclerosis (MS)

MS dianggap sebagai kondisi autoimun. Multiple sclerosis terjadi ketika jaringan di sekitar sel-sel saraf yang disebut myelin, rusak karena peradangan.

Kerusakan tersebut kemudian mengganggu kemampuan sistem saraf untuk mengirimkan sensasi dengan benar.

Akibatnya, kalian bisa saja merasakan kesakitan, badan pegal linu, kesemutan, atau sensasi abnormal lainnya, termasuk saat bangun tidur di pagi hari.

13. Melakukan aktivitas berat pada hari sebelumnya

Melakukan aktivitas yang terlalu berat pada hari sebelumnya bisa menjadi penyebab badan pegal saat bangun tidur pada pagi hari.

Jadi, penting bagi siapa saja untuk senantiasa memperhatikan kemampuan tubuh masing-masing agar selama melakukan aktivitas fisik, baik untuk bekerja atau olahraga.

Pemanasan dan pendinginan setelah melakukan aktivitas fisik bisa dilakukan untuk mengurangi risiko badan pegal-pegal pada keesokan harinya.

14. Kekurangan vitamin B1

Melansir Buku Cantik Cerdas & Feminin oleh Dr. Handrawan Nadesul, apabila pegal yang dirasakan tidak berhubungan dengan bobot pekerjaan, kemungkinan besar tubuh sedang kekurangan vitamin, khususnya vitamin B1.

Seperti diketahui, vitamin B1 diperlukan tubuh untuk otot selain saraf, jantung, dan otak.

Apabila keluhan pegal linu mereda dengan menambah asupan atau suplemen vitamn B1, itu berarti kalian mengalami kekurangan vitamin B1.

Itu dia beberapa penyebab badan terasa pegal ketika kalian bangun tidur, tetap jaga kesehatan ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt