Langsung ke konten utama

Selain Minum Air, ini dia 5 Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Alami dan Cepat

Selain Minum Air, ini dia 5 Cara Mengatasi Dehidrasi Secara Alami dan Cepat

Apa Itu Dehidrasi?

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada cairan yang masuk dalam tubuh. Setiap hari, kadar air pada tubuh berkurang dari napas yang dihembuskan, pada keringat, urine, dan kotoran. Jika tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang, Kalian dapat mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. 

Kondisi dehidrasi juga dapat mempengaruhi kadar garam, mineral, dan gula dalam darah. Hal tersebut dapat mengganggu fungsi organ tubuh dan mengakibatkan komplikasi yang berbahaya jika tidak segera ditangani. Salah satu penyebab utama dehidrasi adalah diare dan muntah. Komplikasi penyakit kronis juga dapat mengakibatkan kondisi ini. Maka dari itu, minum air putih sebanyak 2 liter sehari disarankan, bukan hanya untuk kesehatan, tapi juga sebagai cara mengatasi dehidrasi.

Apa Saja sih Tanda dan Gejala Dehidrasi?

Dehidrasi umumnya memiliki ciri-ciri yang bervariasi pada setiap orang. Namun, kebanyakan orang mengeluhkan rasa haus yang luar biasa, pusing, serta mulut terasa kering. Berikut adalah tanda-tanda dan gejala dehidrasi yang paling umum muncul.

  • Merasa sangat kehausan.
  • Mulut terasa kering atau lengket.
  • Urin yang dihasilkan lebih sedikit dari biasanya.
  • Urin berwarna pekat, cenderung kuning gelap.
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Kram otot di bagian tubuh tertentu.

Pada kasus dehidrasi yang lebih parah, gejalanya bisa meliputi kondisi di bawah ini:

  • Urine berwarna lebih gelap.
  • Kulit sangat kering.
  • Sakit kepala parah.
  • Jantung berdebar lebih cepat atau tidak beraturan.
  • Pernapasan tidak beraturan.
  • Mata terlihat sayu, seperti kurang tidur.
  • Tubuh kekurangan tenaga.

Pada anak-anak dan bayi, tanda dan gejala dehidrasi yang muncul seperti berikut ini.

  • Mulut dan lidah kering.
  • Tidak keluar air mata saat menangis.
  • Popok tetap kering setelah 3 jam.
  • Wajah terlihat pucat, terutama di bagian mata dan pipi.
  • Rewel dan mudah menangis.
  • Tubuh lemas.

Bagaimana Cara Mengatasi Dehidrasi Selain Minum Air Putih?

1. Konsumsi sayur dan buah kaya air

Selain mengkonsumsi air, ternyata mengkonsumsi buah dan sayur adalah salsh satu cara mengatasi dehidrasi secara alami. Jangan salah, asupan air bisa Anda dapatkan dari makanan. Pasalnya, makanan mampu menyumbang asupan cairan sekitar 20 persen. 

Biasanya, makanan untuk mengatasi dehidrasi berasal dari sayur dan buah dengan kandungan air sebanyak 90% atau lebih. Berikut beberapa sayur dan buah kaya air yang bisa kalian konsumsi sebagai cara mengatasi dehidrasi:
  • Timun,
  • Seledri,
  • Semangka,
  • Stroberi,
  • Kembang kol,
  • Melon, dan
  • Selada.
Mengonsumsi sayur dan buah kaya air juga menambah asupan kalori. Artinya, cara ini bisa menambah energi tubuh sehingga mengurangi kelelahan akibat dehidrasi.

2. Minum jus buah kaya air

Beberapa orang mungkin tidak begitu suka mengunyah sayuran dan buah-buahan. Meski begitu, ternyata ada cara mengatasi dehidrasi lainnya yang sekaligus dapat memanjakan lidah kalian yaitu dengan minum jus buah. 

Layaknya mengonsumsi buah dan sayur utuh, jus buah juga bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Beberapa jenis buah kaya air dan cocok untuk dijus adalah:
  • Jeruk,
  • Nanas,
  • Apel,
  • Anggur, dan
  • Pir.

3. Minum oralit

Saat tubuh dehidrasi, tubuh kehilangan banyak mineral elektrolit, seperti natrium, kalsium, kalium, klor, fosfat, dan magnesium. Jadi, dehidrasi secara otomatis membuat tubuh mengalami gangguan elektrolit. 

Untuk mengembalikan elektrolit yang hilang, kalian bisa minum larutan oralit sebagai cara mengatasi dehidrasi yang efektif. Melansir riset Current Gastroenterology Reports, oralit terbukti membantu kadar glukosa tubuh untuk menyerap natrium dan cairan di usus kecil.

4. Mengurangi asupan kafein

Kandungan kafein bekerja sebagai diuretik, yaitu memicu buang air kecil. Sifat diuretik pada kafein ternyata mampu membuang kadar natrium dan air melalui urine. 

Bila kalian mengalami dehidrasi, asupan kafein justru mengurangi kadar natrium dan air pada tubuh sehingga memperparah kondisi dehidrasi. Untuk itu, kurangi konsumsi kafein agar tidak kekurangan cairan dan elektrolit saat dehidrasi. 

5. Mengonsumsi madu alami

Kombinasi madu dan air hangat dapat membantu kalian meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh. Meminum segelas air madu di pagi hari akan membantu kalian tetap terhindar dari dehidrasi dan lebih bugar dalam beraktivitas.

Pemilihan madu juga sebaiknya yang natural agar tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, agar bermanfaat maksimal dan sebagai cara mengatasi dehidrasi. 

Semoga artikel cara mengatasi dehidrasi ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini untuk teman dan keluarga kalian ya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt