Langsung ke konten utama

3 Tujuan Keuangan untuk Kamu yang Belum Menikah

Gb. 3 Tujuan Keuangan untuk Kamu yang Belum Menikah

3 Tujuan Keuangan untuk Kamu yang Belum Menikah - "Mumpung masih muda dan single, boleh dong, senang-senang. Pake duit sendiri ini. Kita cuma hidup sekali, nikmatin dulu deh, nanti abis nikah baru mikirin soal keuangan bareng pasangan.” Kamu yang masih sendiri pasti sering pakai alasan di atas sebagai pembelaan diri untuk kebiasaan borosmu? Kalau iya, artinya kamu belum punya tujuan keuangan untuk masa yang akan datang.

Sebelum penyesalan datang, nggak ada salahnya kamu mulai mempelajari 3 tujuan finansial berikut ini, yuk, mumpung kamu belum mengarungi bahtera rumah tangga.


Tabungan untuk Rumah Pertama

Siapa bilang punya rumah di usia muda cuma mimpi? Ternyata ada banyak orang di umur 20-an yang bisa membuktikan kalau mereka dapat mewujudkan impian memiliki rumah. Daripada beli mobil atau motor, rumah adalah pilihan terbaik jika kamu ingin berinvestasi untuk masa depan dan masa tuamu nanti.
Gb. Ilustrasi Memiliki Rumah (sumber unsplash.com)

Rumah merupakan salah satu simbol kemapanan. Kalau pengen hari tuamu aman dan terjamin, pastikan kamu berinvestasi di bidang properti. Selain bisa kamu tempati sendiri, rumah juga merupakan investasi yang cukup menjanjikan.

Entah tipe rumah seperti apa yang kamu inginkan, apakah rumah petak atau apartemen, properti adalah tabungan terbaik untuk masa depan kamu. Harga properti setiap tahunnya selalu naik, sehingga nggak sedikit yang mengalami kesulitan untuk membeli rumah impian mereka.

Dana Darurat

Tujuan keuangan kedua yang wajib banget kamu perhatikan adalah dana darurat. Alasannya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang kita hadapi di masa depan. Meski siapapun tentunya nggak pengen berada di titik terendah, tapi kita kan, nggak tahu akan seperti apa hari esok.
Gb. Ilustrasi Dana Darurat

Anggap saja dana darurat ini ibarat payung yang kamu sediakan sebelum hujan. Jika kamu memiliki tabungan darurat, setidaknya kamu bisa sedikit merasa aman ketika harus bertahan hidup di masa-masa sulit, terutama di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Rumus besaran dana darurat yang harus kamu sisihkan setiap bulan khusus yang lajang adalah 4 kali pengeluaran rutin bulanan. Beda lagi jika pekerjaanmu adalah freelancer, di mana pendapatan nggak menentu, kamu harus menganggarkan sebanyak 12 kali pengeluaran bulanan. Jangan pernah menggunakan tabungan dana darurat ini untuk kebutuhanmu yang lainnya ya.

Tabungan Pensiun

Menjalani masa-masa pensiun yang sejahtera adalah impian semua orang. Itulah tujuan utama dari tabungan satu ini. Tapi sayangnya, sering banget tujuan keuangan untuk usia tua dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Karena merasa masih muda, penuh semangat dan jauh dari masa pensiun, mereka menganggap nggak terlalu penting untuk memulai membuka tabungan pensiun.
Gb. Ilustrasi Tabungan Pensiun (sumber shutterstock.com)

Padahal justru karena kamu masih muda, ini adalah kesempatan terbaik menyisihkan sebagian dari gaji bulananmu untuk dana pensiun. Jangan terlena oleh waktu. Waktu bisa sangat menipu. Rasanya saja kamu masih jauh dari masa pensiun, tapi sampai tiba saatnya kamu akan menyesal karena waktu bisa berjalan dengan begitu cepat.

Segeralah mulai menabung untuk dana pensiun. Semakin dini kamu memulai, maka akan  lebih baik. Kamu bakal punya tabungan yang cukup untuk memastikan hidupmu tetap terjamin meski udah nggak lagi bekerja.

Itulah 3 tujuan keuangan untuk kamu yang belum menikah. Yuk, kuatkan niat dan kebut tabungan masa depanmu dari sekarang. Semangat, ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt