Langsung ke konten utama

Apa saja sih jenis-jenis desain grafis?

Selamat pagi, siang, sore atau malam dimanapun kamu membaca artikel ini. Bertemu lagi disini dengan Fend. Setelah kemarin admin membuat artikel singkat tentang Apa Itu Desain Grafis. Kali ini admin membagikan kelanjutan dari artikel kemarin.

Baca juga : Apa Itu Desain Grafis? Yuk Cari Tahu Disini

Apa saja jenis2 desain grafis - fend
Gb. Apa saja jenis-jenis desain grafis

Artikel kali ini akan membahas Apa saja sih jenis-jenis desain grafis, langsung saja baca dengan baik yah.

Jenis-jenis desain grafis: 

1. Desain grafis identitas visual (merek/brand)

Merek (brand) adalah hubungan antara bisnis atau organisasi dan audiensnya. Identitas merek adalah bagaimana organisasi mengomunikasikan kepribadian, nada, dan esensi, serta ingatan, emosi, dan pengalamannya.

Desain grafis identitas visual persis seperti itu: elemen visual dari identitas merek yang bertindak sebagai wajah merek untuk mengkomunikasikan kualitas-kualitas tak berwujud melalui gambar, bentuk, dan warna.


Desainer yang berspesialisasi dalam desain grafis identitas visual berkolaborasi dengan pemangku kepentingan merek untuk membuat aset seperti logo, tipografi, palet warna, dan perpustakaan gambar yang mewakili kepribadian merek.

Selain kartu nama standar dan alat tulis perusahaan, desainer sering mengembangkan seperangkat pedoman merek visual (panduan gaya) yang menggambarkan praktik terbaik dan memberikan contoh branding visual yang diterapkan di berbagai media. Panduan ini membantu memastikan konsistensi merek di seluruh aplikasi masa depan.

Desainer grafis identitas visual harus memiliki pengetahuan umum tentang semua jenis desain grafis untuk membuat elemen desain yang cocok di semua media visual. Mereka juga membutuhkan komunikasi yang sangat baik, keterampilan konseptual dan kreatif, dan semangat untuk meneliti industri, organisasi, tren dan pesaing.

2. Desain grafis pemasaran & periklanan

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang desain grafis, mereka memikirkan desain yang dibuat untuk pemasaran dan periklanan.

Perusahaan bergantung pada upaya pemasaran yang berhasil untuk memanfaatkan proses pengambilan keputusan audiens target mereka.

Pemasaran yang hebat melibatkan orang berdasarkan keinginan, kebutuhan, kesadaran dan kepuasan yang mereka miliki tentang suatu produk, layanan, atau merek. Karena orang akan selalu menemukan konten visual yang lebih menarik, desain grafis membantu organisasi mempromosikan dan berkomunikasi lebih efektif.

Desainer pemasaran bekerja dengan pemilik perusahaan, direktur, manajer atau profesional pemasaran untuk menciptakan aset untuk strategi pemasaran. Mereka mungkin bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim in-house atau kreatif.

Desainer dapat mengkhususkan diri dalam jenis media tertentu (bungkus kendaraan atau iklan majalah, misalnya) atau membuat berbagai macam jaminan untuk cetak, digital, dan seterusnya.

Meskipun berpusat pada cetak tradisional, peran ini telah berkembang untuk memasukkan lebih banyak aset digital, terutama untuk digunakan dalam pemasaran konten.

Contoh desain grafis pemasaran
  • Kartu pos dan selebaran
  • Iklan majalah dan surat kabar
  • Poster, spanduk dan baliho
  • Infografis
  • Brosur (cetak dan digital)
  • Template pemasaran email
  • Presentasi PowerPoint
  • Iklan media sosial, spanduk dan gambar
  • Gambar untuk situs web dan blog
Desainer pemasaran membutuhkan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan manajemen waktu yang sangat baik. Selain mahir dalam beberapa desain grafis, tata letak dan aplikasi presentasi, mereka juga harus terbiasa dengan produksi untuk lingkungan cetak dan online.

3. Desain grafis antarmuka pengguna

Antarmuka pengguna (User Interface) adalah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi.

Desain UI adalah proses mendesain antarmuka untuk membuatnya mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang ramah pengguna.

UI mencakup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse tetapi dalam konteks desain grafis, desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar seperti tombol, menu, mikro -Interaksi, dan banyak lagi. Merupakan tugas perancang UI untuk menyeimbangkan daya tarik estetika dengan fungsi teknis.

Desainer UI berspesialisasi dalam aplikasi desktop, aplikasi seluler, aplikasi web, dan game. Mereka bekerja sama dengan desainer UX (pengalaman pengguna) (yang menentukan cara kerja aplikasi) dan pengembang UI (yang menulis kode untuk membuatnya berfungsi).

Contoh desain grafis antarmuka pengguna
  • Desain halaman web
  • Desain tema (WordPress, Shopify, dll.)
  • Antarmuka game
  • Desain aplikasi
Desainer UI harus menjadi pemain tim yang didukung oleh keterampilan desain grafis yang serius dan pemahaman yang sangat baik tentang prinsip UI / UX, desain responsif, dan pengembangan web. Selain aplikasi grafis, mereka membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript.

4. Desain grafis publikasi

Publikasi adalah karya bentuk panjang yang berkomunikasi dengan audiens melalui distribusi publik. Mereka secara tradisional menjadi media cetak. Pikirkan buku, koran, majalah, dan katalog. Namun, baru-baru ini ada peningkatan yang signifikan dalam penerbitan digital.

Desainer grafis yang berspesialisasi dalam publikasi bekerja dengan editor dan penerbit untuk membuat tata letak dengan tipografi yang dipilih dengan cermat dan karya seni yang menyertainya, yang meliputi fotografi, grafik, dan ilustrasi.

Desainer publikasi dapat bekerja sebagai freelancer, sebagai anggota agensi kreatif atau in-house sebagai bagian dari perusahaan penerbitan.

Contoh desain grafis publikasi
  • Buku
  • Koran
  • Nawala/Newsletter/Buletin
  • Laporan Tahunan
  • Majalah
  • Katalog
Desainer publikasi harus memiliki keterampilan komunikasi, tata letak, dan organisasi yang sangat baik. Selain keahlian desain grafis, mereka perlu memahami manajemen warna, pencetakan, dan penerbitan digital.

5. Desain kemasan grafis (packaging graphic design)

Sebagian besar produk memerlukan beberapa bentuk kemasan untuk melindungi dan menyiapkannya untuk disimpan, didistribusikan, dan dijual.

Namun desain pengemasan juga dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, yang menjadikannya alat pemasaran yang sangat berharga. Setiap kotak, botol dan tas, setiap kaleng, wadah, atau tabung adalah kesempatan menceritakan kisah sebuah merek.

Desainer pengemasan membuat konsep, mengembangkan maket dan membuat file siap cetak untuk suatu produk. Ini membutuhkan pengetahuan ahli tentang proses cetak dan pemahaman yang tajam tentang desain dan manufaktur industri.

Karena desain kemasan menyentuh begitu banyak disiplin ilmu, tidak jarang para perancang menemukan diri mereka menciptakan aset lain untuk suatu produk seperti fotografi, ilustrasi, dan identitas visual.

Perancang kemasan mungkin merupakan jack-of-all-trade atau berspesialisasi dalam jenis kemasan tertentu (seperti label atau kaleng minuman) atau industri tertentu (seperti makanan atau mainan anak-anak).

Pekerjaan mereka membutuhkan keterampilan konseptual dan pemecahan masalah terbaik selain pengetahuan kerja yang kuat tentang desain cetak dan industri. Mereka harus fleksibel untuk memenuhi permintaan klien, pemasar, dan produsen dan menyadari tren saat ini.

6. Desain grafis gerak (motion graphic design)

Sederhananya, grafik gerak adalah grafik yang bergerak. Ini dapat mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang digunakan dalam media online, televisi, dan film. Popularitas media telah meroket dalam beberapa tahun terakhir karena teknologi meningkat dan konten video menjadi raja.

"Perancang grafis gerak" adalah spesialisasi yang agak baru untuk perancang. Secara formal disediakan untuk TV dan film, kemajuan teknologi telah mengurangi waktu dan biaya produksi, membuat bentuk seni lebih mudah diakses dan terjangkau. Sekarang, grafik gerak dapat ditemukan di semua platform digital, yang telah menciptakan segala macam bidang dan peluang baru.

Contoh desain grafis gerak
  • Urutan judul dan kredit akhir
  • Advertisements
  • Logo animasi
  • Trailer
  • Presentasi
  • Video promosi
  • Video tutorial
  • Situs web
  • Aplikasi
  • Video game
  • Spanduk
  • GIF
Desainer grafis gerak mulai dengan mengembangkan storyboard dan kemudian menghidupkan konsepnya dengan animasi, video, dan seni tradisional. Bergantung pada industri, pengetahuan kerja yang kuat tentang pemasaran, pengkodean, dan pemodelan 3D dapat menjadi aset yang pasti.

7. Desain grafis lingkungan

Desain grafis lingkungan secara visual menghubungkan orang-orang ke tempat-tempat untuk meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan membuat ruang lebih mudah diingat, menarik, informatif atau lebih mudah dinavigasi.

Contoh desain grafis lingkungan
  • Signage
  • Mural dinding
  • Pameran museum
  • Pencitraan merek kantor
  • Navigasi transportasi umum
  • Interior toko eceran
  • Branding stadion
  • Ruang acara dan konferensi
Wayfinding adalah jenis khusus desain grafis lingkungan yang terdiri dari tanda strategis, landmark dan isyarat visual yang membantu orang mengidentifikasi di mana mereka berada dan ke mana mereka harus pergi sehingga mereka bisa sampai di sana tanpa kebingungan.

Desain grafis lingkungan adalah praktik multidisiplin yang menggabungkan desain grafis, arsitektur, interior, lansekap, dan industri. Desainer bekerja sama dengan orang-orang di sejumlah bidang ini untuk merencanakan dan mengimplementasikan desain mereka.

Karena itu, desainer biasanya memiliki pendidikan dan pengalaman dalam desain grafis dan arsitektur. Mereka harus terbiasa dengan konsep desain industri dan mampu membaca dan membuat sketsa rencana arsitektur.

8. Seni dan ilustrasi untuk desain grafis

Seni grafis dan ilustrasi sering dianggap sama dengan desain grafis, namun mereka masing-masing sangat berbeda.

Desainer membuat komposisi untuk berkomunikasi dan menyelesaikan masalah, seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni asli. Seni mereka mengambil sejumlah bentuk, dari seni rupa hingga dekorasi hingga ilustrasi mendongeng.

Meskipun seni grafis dan ilustrasi bukan jenis teknis desain grafis, banyak yang dibuat untuk penggunaan komersial dalam konteks desain grafis sehingga Anda tidak dapat membicarakannya tanpa yang lain.

Contoh seni dan ilustrasi untuk desain grafis
  • Desain kaos
  • Pola grafis untuk tekstil
  • Grafis bergerak
  • Stok gambar
  • Novel grafis
  • Video game
  • Situs web
  • Buku komik
  • Album Seni
  • Sampul buku
  • Buku bergambar
  • Infografis
Seniman grafis menggunakan kombinasi media dan teknik apa pun untuk menciptakan karya mereka saat mereka berkolaborasi dengan penulis, editor, manajer, pemasar, dan direktur seni di semua jenis desain grafis.

Mereka sering memiliki dasar dalam seni rupa, animasi atau arsitektur. Keterampilan dan aplikasi yang tumpang tindih memungkinkan untuk menemukan desainer grafis yang juga bekerja sebagai seniman grafis dan ilustrator (dan sebaliknya).

Baca juga : Apa Saja Sih Prinsip - Prinsip Desain Grafis ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt