Langsung ke konten utama

Mau Cuan dari Naik Turun Harga Emas? Hindari 5 Kesalahan dalam Investasi Logam Mulia Ini

Hindari kesalahan dalam Investasi Emas

Kalian mau investasi emas khususnya emas batangan atau disebut juga logam mulia tapi masih bingung bagaimana sebaiknya berinvestasi melalui layanan digital/online dan biar dapat cuan? Berikut ulasan mengenai tips berinvestasi pada instrumen investasi yang bisa dipilih oleh siapapun namun sebaiknya ditujukan untuk tujuan jangka panjang.

Berinvestasi emas secara online dapat menjadi pilihan untuk masyarakat yang ingin berinvestasi dengan modal kecil-kecilan. Investor dapat berinvestasi secara rutin dengan jumlah terkecil sesuai kemampuan finansial dan untuk tujuan investasinya.

Investasi emas online juga memiliki keunggulan antara lain mudah diakses dan dipantau kapan saja dengan harga emas yang diperbarui setiap harinya. Tapi bagaimana sebaiknya agar investor pemula sekalipun bisa memperoleh cuan dari berinvestasi emas?

Melansir sejumlah sumber, setidaknya ada lima kesalahan utama dalam berinvestasi emas secara online yang harus dihindari oleh para investor. Berikut 5 kesalahan saat investasi emas online yang harus dihindari investor emas:

1. Cash flow masih berantakan

Kesalahan pertama dimaksud merupakan kesalahan yang paling umum yang dilakukan investor pemula. Makanya, sebelum memulai investasi terlebih investasi emas ada baiknya investor mengelola keuangan pribadi secara efektif dan efisien, sehingga dapat memiliki cash flow yang positif. 

Tujuannya tak lain agar investasi emas dapat dilakukan secara rutin. Pesan lainnya mengingatkan jangan berinvestasi menggunakan uang panas alias menggunakan utang. 

2. Tidak punya tujuan investasi

Untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya merupakan salah satu tujuan utama para investor. Hal tersebut memang tidak salah, tetapi arti dan manfaat investasi jauh lebih besar dari mengejar cuan saja.

Investasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan berskala besar seperti dana pendidikan, dana pensiun, dan lain sebagainya. Maka, tanpa memiliki tujuan investasi, keuntungan yang ingin dicapai akan lebih sulit untuk digapai.

Aspek tersebut berguna dalam menentukan seberapa besar risiko investasi yang sanggup diambil oleh para investor dan akan menjadi arah selama berinvestasi. Dengan adanya tujuan investasi, para investor juga dapat menentukan periode investasi serta besaran dana yang dibutuhkan secara rutin untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Memilih platform digital tidak kredibel

Dalam berinvestasi emas secara online, investor harus memperhatikan aspek legalitas dari penyedia platform digital tersebut. Pilihlah platform digital yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut dapat membantu para investor untuk tetap berinvestasi dengan aman.

4. Investasi emas untuk jangka pendek

Menjadikan emas sebagai investasi jangka pendek merupakan hal yang tidak disarankan. Alasannya, meskipun harga emas cenderung naik dalam kurun waktu yang panjang, harga emas mengalami fluktuasi dalam jangka pendek karena emas adalah komoditas yang diperdagangkan.

Harga emas logam mulia cenderung bersifat fluktuatif karena dipengaruhi berbagai faktor, seperti tingkat suku bunga dan kondisi perekonomian. Makanya, investasi pada instrumen ini akan lebih menguntungkan apabila diaplikasikan dalam periode jangka panjang, yaitu minimal 5 tahun.

5. Tidak memantau harga

Bagi investor emas, sangat penting untuk mengetahui harga dan informasi terkait emas yang ingin dibeli sebelum berinvestasi di dalamnya. Lebih baik lagi, melanjutkan jika sebelum mulai berinvestasi, investor melakukan pengecekan harga emas secara berkala.

Nah, investasi emas secara online bisa dilakukan kapanpun dan di manapun Anda berada, selama ponsel terhubung ke internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meskipun mudah, cara investasi emas online bagi investor pemula tetap harus memantau harga emas karena memang nilainya fluktuatif.

Belilah emas saat harga emas rendah dan juallah saat harga naik. Jangan sampai kalian menjual emas saat harganya di bawah harga beli karena itu bisa membuat rugi. 

Investor juga perlu memahami bahwa ada dua harga emas, yaitu harga beli emas dan harga jual kembali emas (harga buyback). Meski pada hari yang sama, ada selisih harga beli emas dan harga buyback emas. 

Pastikan untuk meluangkan waktu melihat perkembangan harga emas hari ini. Bila salah dalam memilih momentum beli dan jual, risiko investasi menjadi tanggung jawab investor.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt