Langsung ke konten utama

Manfaat Olahraga yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Selamat pagi, siang, sore atau malam dimanapun kamu membaca artikel ini. Bertemu lagi disini dengan Fend. Kali ini admin akan membagikan artikel tentang Manfaat Olahraga yang Dapat Anda Lakukan di Rumah.

Olahraga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi haruskah olahraga dilakukan di pusat kebugaran agar lebih terasa manfaatnya? Fasilitas lengkap dan berbagai program olahraga menarik, memang membuat gym menjadi solusi lengkap untuk Anda yang ingin rutin berolahraga.

Walau mempunyai banyak kelebihan, berolahraga di gym juga membutuhkan upaya ekstra, mulai dari biaya yang tidak sedikit, dan jadwal buka tutup gym juga memiliki batasan waktu. Pernahkah Anda mempertimbangkan olahraga di rumah dengan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan gratis, serta waktu yang fleksibel  di tengah padatnya kesibukan sehari-hari.

Bagi Anda yang belum bisa mengeluarkan biaya tambahan atau menyempatkan diri pergi ke pusat kebugaran, Simak manfaat dari berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah pada pembahasan dibawah ini.

Manfaat Olahraga yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

1. Jogging

Berlari mengelilingi perumahan atau jogging di pagi hari bisa menjadi salah satu pilihan olahraga di rumah. Salah satu manfaat jogging adalah mampu membantu meningkatkan produktivitas sepanjang hari, karena olahraga ini memberikan stimulasi mental dan fisik. Anda juga mendapatkan berbagai manfaat olahraga seperti membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Jogging

Lari santai bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah obesitas, dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh mengurangi kolesterol, menjaga kadar gula darah dan tekanan darah, mencegah diabetes, stroke, serta penyakit jantung. Selain itu, jogging bisa membuat Anda terhindar dari stress dan juga depresi.

2. Yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga meditasi yang tidak hanya membantu kesehatan mental tetapi juga mempunyai banyak manfaat olahraga lain. Menurut artikel di John Hopkins Medicine, manfaat mental dan fisik yoga bisa dirasakan oleh semua orang dari berbagai usia. Setiap pose yang dirancang untuk menciptakan relaksasi ternyata juga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur, dan menambah kekuatan.

Melakukan yoga

Yoga juga bermanfaat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau jantung. Tree pose atau pose pohon misalnya, dilakukan dengan berdiri dengan satu kaki, sedangkan kaki yang lainnya berada di atas lutut atau betis. Pose ini dapat membantu memperlancar aliran darah Anda.

Yoga juga relatif praktis dilakukan di rumah dengan menggunakan pakaian nyaman dan matras untuk bisa melakukan gerakan dasarnya. Jika penasaran, Anda dapat menonton video berikut untuk mempraktikkannya di rumah.

3. Zumba

Manfaat olahraga senam Zumba juga belakangan kian populer karena dilakukan di rumah tanpa perlu banyak persiapan. Memadukan elemen tari salsa dengan senam aerobik diiringi musik yang menyenangkan, olahraga ini juga bisa membantu meredakan stres.

Senam zumba

Zumba juga meningkatkan kesehatan jantung dan bisa jadi alternatif olahraga kardio. Saat melakukan gerakan-gerakannya, detak jantung meningkat dan tubuh lebih aktif mengolah oksigen.

4. Bodyweight Training

Bodyweight training adalah olahraga yang memanfaatkan berat tubuh dan gravitasi seperti sit up, push up, dan lain-lain. Manfaat olahraga ini juga bisa didapatkan secara praktis saat di rumah bahkan tanpa memerlukan perlengkapan khusus.

Push up

Rutin melakukan bodyweight training untuk memulai hari bisa membantu Anda membentuk otot, membakar kalori, dan menurunkan berat badan dengan cepat. Dibandingkan dengan olahraga lainnya, hasil dari bodyweight training akan lebih nampak karena bisa menumbuhkan otot-otot di bagian tubuh yang dilatih, cocok untuk Anda yang mengidamkan tubuh atletis tanpa harus rutin ke gym.

Untuk Anda yang baru ingin memulai bodyweight training, beberapa channel Youtube olahraga seperti PHS Fitness dan Jordan Yeoh Fitness dapat Anda jadikan referensi.

Setelah mengetahui bahwa olahraga bisa kita lakukan kapan saja, di mana saja, tanpa perlu  ke gym. Di rumah pun Anda bisa tetap sehat, dan bahkan mendapatkan bentuk tubuh yang atletis. Dengan rutin berolahraga di rumah, tubuh bisa terhindar penyakit dan lebih bugar, bahkan berpeluang lebih besar untuk hidup lebih lama (panjang umur).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt