Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi pada Diri Sendiri Sekarang, Raih Keutungan Seumur Hidup

Investasi pada diri sendiri

Salah satu investasi terbaik yang bisa mendatangkan keuntungan, tidak hanya dari aset, tetapi bisa juga dari diri sendiri. Berikut cara investasi pada diri sendiri yang tentunya dapat meningkatkan pendapatan kamu di masa depan.

Kalian pernah dengar nama Warren Buffet? CEO firma investasi, Berkshire Hathaway ini selalu disebut sebagai salah satu investor saham tersukses di dunia saat ini. Tapi, rahasia suksesnya bukan hanya dari strategi menanamkan modal.

Warren Buffet pernah mengungkapkan kepada Forbes bahwa investasi terbaik dalam hidup adalah investasi pada diri sendiri. “Investasi pada diri sendiri mampu melampaui investasi yang lain. Tidak kena pajak dan tidak kalah oleh inflasi,” kata Warren.

Hal tersebut sudah dibuktikan sendiri oleh Warren. Ketika masih berusia 21 tahun, dia sering demam panggung ketika harus berbicara di depan umum. Untuk mengatasinya, Warren mengikuti kursus public speaking dari motivator terkemuka, Dale Carnegie. Langkah tersebut membantu Warren bertransaksi saham dan mengawali kariernya sebagai investor.

Investasi pada diri sendiri dilakukan dengan menambah wawasan dan keahlian. Manfaatnya, kamu bisa makin percaya diri, menemukan ide dan pengalaman baru, serta membuka peluang untuk memperoleh pendapatan lebih baik.

Siapa, sih, yang enggak pengen punya lebih banyak uang? Ketika merencanakan keuangan masa depan, punya pendapatan yang terus meningkat dapat jadi cara terbaik untuk mencapai tujuan keuangan kamu lebih cepat.

Oleh karena itu, yuk, mulai berinvestasi pada diri sendiri untuk mengembangkan kemampuan kamu agar nantinya dapat meningkatkan pendapatan kamu. Coba cara belajar investasi pada diri sendiri yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

1. Olahraga teratur

Tak perlu diragukan lagi bahwa olahraga adalah salah satu investasi terbaik untuk diri sendiri. Studi American Psychological Association menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan produktivitas karyawan sebanyak 15%. Kemampuan kerja pun meningkat untuk memperoleh penghasilan lebih baik. Selain itu tubuh anda akan selalu sehat dan bugar.  

Olahraga lari

Salah satu olaraga yang bisa anda coba adalah olahraga dengan lari setiap pagi hari. Yuk, biasakan rajin olahraga untuk menjaga kesehatan, agar kamu bisa lebih produktif.

2. Mengasah dan mempelajari skills baru

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Mempelajari hal-hal baru akan membuat otak kamu tetap tajam dan menambah untuk mengembangkan karier.

Belajar skill baru

Selain itu, asah juga kemampuan yang sudah kamu miliki supaya lebih ahli dalam bidang yang telah kamu kuasai. Misalnya, bidang komunikasi, bisnis, hingga keuangan.

Belajar atau mengasah kemampuan diri, bisa dilakukan dengan dua cara berikut:

Ikuti kursus, seminar, atau workshop

Sudah banyak kursus, seminar, atau workshop yang bisa dilakukan secara online saat ini, sehingga bisa lebih efisien, tidak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu. Keuntungan lain dari ikut  kursus, seminar, atau workshop adalah lebih banyak kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan.

Gunakan buku, video, atau podcast

Sekarang media pembelajaran makin luas. Ambil buku, tonton video atau tutorial online, baca artikel online, cek media sosial, atau dengarkan podcast yang fokus pada hal-hal yang ingin kamu pelajari.

 Cara ini dapat memperluas dan menyempurnakan keahlian kamu pada subjek tertentu tanpa menguras dompet dan bisa dilakukan di mana saja. Misalnya, nih, kamu ingin tahu lebih jauh soal manajemen keuangan dan investasi, kamu bisa membaca berbagai informasi dan tips seputar keuangan ini. Mulai dari cara menabung, membuat bujet, hingga berinvestasi, kamu bisa mendapat beragam informasi dari ahli keuangan tepercaya kapan dan di mana pun!

3. Menghadiri networking events

Banyak pekerjaan baru yang tidak pernah diumumkan kepada publik, tapi tersebar dari mulut ke mulut. Oleh karena itu, coba datang ke acara yang dihadiri sesama profesional untuk memperluas koneksi, meningkatkan karier, sehingga membuka peluang mendapatkan pekerjaan baru dengan gaji lebih baik.

Jika tidak memungkinkan hadir langsung ke events tersebut karena pandemi COVID-19 ini cari yang diadakan secara online. Misalnya, webinar bisnis, kewirausahaan, atau forum cara belajar investasi pada komunitas online tertentu. Usahakan juga bisa terhubung dengan sesama profesional melalui LinkedIn, grup Facebook (Meta), atau media sosial lainnya.

4. Atur dan rapikan barang-barang pribadi

Barang-barang yang tersimpan rapi membuat kamu tidak perlu menghabiskan waktu mencari-carinya ketika diperlukan. Waktu yang ada kemudian dapat kamu gunakan melakukan hal lain yang lebih bermanfaat, seperti membaca, olahraga, atau mengikuti kursus online.

Merapikan barang

Selain itu, menurut penelitian dari Mayo Clinic, memiliki ruang kerja yang rapi dan teratur akan membantu meningkatkan fokus. Sehingga, kamu bisa lebih produktif dan lebih terbuka peluang meningkatkan pendapatan.

5. Mencoba berlibur atau traveling

Mencoba berlibur

Sebuah studi dari Columbia Business School menyebutkan bahwa traveling dapat memicu kreativitas melalui pengalaman baru yang kamu temui, merangsang pikiran, dan membangun koneksi baru. Manfaat traveling tersebut dapat membantu meningkatkan skills dalam karier, yang berdampak bisa meningkatkan juga pendapatan. coba sempatkan diri untuk traveling.

6. Mulai pekerjaan sampingan

Menghasilkan uang tambahan di waktu luang adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan keuangan dan mengembangkan skill set kamu. Siapa tahu kamu bisa membuka dan membesarkan bisnis sendiri nantinya? Memang, mulai usaha sampingan juga membutuhkan biaya. Meski begitu, modal ini akan terbayarkan dengan peluang mengembangkan kemampuan berwiraswasta, menjalankan bisnis, dan mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

Perlu diingat bahwa kemampuan untuk memperoleh penghasilan lebih banyak adalah salah satu aset terbesar kamu. Oleh karena itu, investasi pada diri sendiri salah satu langkah terbaik meningkatkan kemampuan tersebut.

Posting Komentar untuk "Investasi pada Diri Sendiri Sekarang, Raih Keutungan Seumur Hidup"