Langsung ke konten utama

Manfaat buah pir, buah yang kaya akan serat

 Buah pir yang segar dan bermanfaat

Kalian sedang mencari buah yang bebas natrium, lemak dan kolesterol? Tapi ingin yang rasanya juga manis dan lezat? Jangan khawatir, buah pir bisa jadi solusinya! Kebutuhan vitamin dan nutrisi kamu bisa terpenuhi dari buah yang satu ini.

Mengkonsumsi buah pir sangat direkomendasikan bagi kalian yang sedang dalam program penurunan berat badan. Ini dikarenakan buah manis dan lezat ini memiliki kalori rendah tiap porsinya. Bahkan kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya begitu lengkap.

Mengonsumsi pir dapat membantu kalian untuk kembali pada gaya hidup sehat yang menyenangkan. Salah satunya, kalian bisa dengan mudah memenuhi 18% kebutuhan serat harian hanya dengan mengonsumsi satu buah.

Kandungan Gizi Buah Pir

Kandungan gizi buah pir

Buah yang kaya akan nutrisi ini mengandung berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan buah pir antara lain:

  • Kalium
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin B kompleks
  • Senyawa fenolik
  • Folat
  • Serat
  • Magnesium

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Manfaat buah pir

Buah pir tidak hanya bebas kolesterol dan membantu penurunan berat badan, namun terdapat beragam manfaat buah pir bagi kesehatan kalian, di antaranya:

1. Mengoptimalkan Pencernaan

Buah pir merupakan sumber serat makanan yang sangat baik bagi tubuh kalian, satu porsi buah pir bahkan menyediakan 18% dari kebutuhan serat harian.

Buah pir juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, sebab sebagian besar serat dalam buah pir adalah non-soluble polysaccharide (NSP), yang dapat mengurangi kemungkinan sembelit, diare dan sulit buang air besar.

2. Mencegah Osteoporosis

Masalah osteoporosis sangat umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Namun, jangan sampai kalian tidak mencegah osteoporosis dini.

Kalian harus menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang disarankan setiap hari.

Salah satu caranya juga adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah yang cukup setiap hari. Di mana pir bisa jadi pilihan, sebab ia dapat membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dengan mudah.

3. Menurunkan Berat Badan

Buah pir merupakan salah satu buah dengan kalori yang rendah, bahkan buah pir hanya mengandung 101 kalori per porsinya. Mengonsumsi buah pir secara teratur tentu dapat mendukung proses penurunan berat badan kalian dengan maksimal.

Meski rendah kalori, buah pir juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat besar dan tinggi serat. Sehingga kamu dapat merasa kenyang lebih cepat.

4. Kaya Antioksidan

Buah pir kaya akan antioksidan seperti vitamin C yang dapat memerangi berbagai penyakit di dalam tubuh. Buah pir juga memiliki komponen vitamin A, senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin.

Semua kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat ditemukan dalam buah pir yang dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas.

5. Bersifat Antikanker

Antioksidan sering dipuji karena aktivitas antikarsinogenik. Buah pir, yang kaya akan antioksidan, dapat menjadi pencegah kanker.

Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menemukan bahwa buah-buahan seperti pir dapat berkontribusi untuk membantu menurunkan risiko kanker paru-paru.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Salah satu vitamin paling serbaguna dalam tubuh manusia adalah vitamin A. Buah pir mengandung vitamin A dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Melalui vitamin yang terdapat dalam buah pir, kamu dapat mengurangi efek penuaan pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan dengan cara mengonsumsi buah pir secara teratur.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bila kalian mampu memenuhi asupan harian Vitamin C, maka kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah pir kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk merangsang produksi sel darah putih. Mereka juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat memerangi beberapa kondisi seperti, flu dan penyakit ringan lainnya.

8. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pir adalah salah satu buah yang menjadi sumber potasium yang luar biasa. Buah pir memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat berdampak signifikan pada kesehatan jantung.

Kalium juga dikenal sebagai vasodilator (penurun tekanan darah). Sebab kalium dapat meningkatkan aliran darah ke semua bagian tubuh serta meningkatkan fungsinya secara efektif.

9. Mempercepat Penyembuhan

Melalui kandungan vitamin C yang terdapat pada pir, tingkat kekebalan tubuh akan meningkat dengan baik. Penyembuhan luka juga dapat dipercepat karena kandungan asam askorbat tingkat tinggi dalam buah pir.

10. Mengurangi Peradangan

Komponen antioksidan dan flavonoid dalam pir dapat menyebabkan efek antiinflamasi dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan peradangan.

Tidak terkecuali juga pada beberapa penyakit, seperti pengurangan gejala arthritis, kondisi rematik, asam urat, dan kondisi serupa lainnya.

Cara membuat jus buah pir

Membuat jus buah pir

Setelah mengetahui kandungan dan khasiat dari buah pir untuk kesehatan. kalian juga bisa membuat jus buah pir dengan mudah, berikut merupakan langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • ½ potong buah pir
  • 2 sendok makan (sdm) susu kental manis
  • 1 cup es batu
  • 200 (ml) air mineral

Cara membuat jus buah pir:

  1. Pertama-tama, cuci dan potong panjang buah pir menjadi beberapa bagian.
  2. Siapkan blender dan keluarkan satu cup es batu yang telah disiapkan.
  3. Masukkan air mineral, buah pir dan es batu ke dalam blender.
  4. Blender seluruh bahan hingga tercampur merata.
  5. Sajikan jus buah pir dengan susu kental manis diatasnya, konsumsi selagi dingin akan terasa lebih nikmat.

Setelah mengetahui kandungan dan berbagai manfaat buah pir bagi kesehatan, apakah kalian tertarik untuk mulai konsumsi buah pir?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt