Langsung ke konten utama

5 rahasia agar video kalian FYP di Tiktok

5 rahasia agar video kalian FYP di Tiktok

Pada tahun 2016, sebuah perusahaan asal China yakni ByteDance meluncurkan aplikasi video musik yang diberi nama Douyin. Tak disangka, aplikasi tersebut mendapat respon positif dari penggunanya di sana. ByteDance pun mencoba peruntungan dengan meluncurkan aplikasi Douyin ke negara lain. Namun, aplikasi tersebut berganti nama menjadi Tiktok agar lebih mudah diingat.

Dulu, Tiktok lebih dikenal di kalangan remaja. Mereka menggunakannya untuk membuat video lipsync atau dance cover. Lama-kelamaan Tiktok mulai merambah ke segala usia. Kontennya pun kini tidak sebatas lipsync lagi, melainkan tutorial memasak, review film, pekerjaan, jalan-jalan, arsitektur, fashion, hingga promosi produk. Tiktok berhasil menjadi platform bagi mereka yang ingin menyalurkan hobi atau mengembangkan usaha menggunakan video berdurasi 15 detik sampai 3 menit.

Apa Itu FYP?

Kalian pasti sering mendengar istilah FYP atau For Your Page. FYP adalah rekomendasi video yang muncul di beranda meskipun kalian tidak mengikuti akun tersebut. FYP didukung oleh algoritma dan aktivitas yang sering kalian lakukan di aplikasi. Jika sering menonton tutorial memasak, maka FYP yang sering muncul adalah video memasak. Jika kalian menyukai konten jalan-jalan, video travelling akan lewat di FYP kita.

Bagaimana Cara agar FYP di Tiktok?

Siapa sih yang nggak kepingin kontennya viral, punya banyak likes dan komentar? Pasti Kalian juga ingin konten yang kalian buat muncul di FYP dan mendapat exposure dari pengguna lain. Followers akun kalian juga bakal bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa menjadi ladang bisnis bagi kalian yang ingin memulai karir sebagai influencer di Tiktok. Menarik kan? Kalau begitu, intip 5 rahasia agar video kalian FYP di Tiktok:

1. Manfaatkan lagu (audio) yang viral

Kenapa ya Tiktok begitu populer? Dilansir dari howtogeek.com, kepopuleran Tiktok juga didukung oleh lagu yang sering didengarkan banyak orang. Misalnya, lagu It's Only Me milik Kaleb J yang dibuat versi remix dan menarik perhatian warga Tiktok untuk berjoget. Saat kalian mengunggah lagu (audio) di Tiktok, pengguna lain bisa memakai audio yang sama di konten mereka. kalian bisa mencontoh tips yang satu ini nih, membuat video dengan lagu yang sering dijadikan audio di Tiktok. Pasti langsung FYP!

2. Buat konten yang lagi tren

Cara kedua agar video kalian masuk ke FYP yakni dengan mengikuti tren. Banyak challenge yang dapat kalian ikuti di Tiktok. Seperti joget DJ Lalala yang mengharuskan kalian dan beberapa orang lainnya menggerakan tangan, bahu, dan kepala sesuai irama lagu. Ada juga tren No Roots yang sering dibuat para pelaku UMKM untuk memperkenalkan pegawai dan produk mereka. Telusuri #trendalert di fitur Discover supaya kalian mengetahui seperti apa konten yang sedang disukai pengguna Tiktok.

3. Pelajari niche konten 

Seperti yang dibahas sebelumnya, Tiktok merambah ke semua kalangan tanpa memandang usia dan status sosial. Hal ini membuat aplikasi tersebut memiliki beragam video dengan tema yang berbeda. Namun, kalian perlu memperhatikan niche (target market) sebelum membuat video. Misalnya, kalian seorang ibu rumah tangga yang suka memasak dan membeli perabotan rumah. Maka, kalian bisa membuat video resep makanan, review peralatan dapur, atau vlog singkat seperti "A Day in My Life as Mom".  Konten kalian kemungkinan muncul di FYP mereka yang baru menikah dan memiliki anak.

4. Gunakan hashtag yang sesuai

Faktor lain yang bisa membuat video kalian masuk ke FYP adalah hashtag. Jangan banyak-banyak ya, pilih saja yang relevan dengan konten yang kalian publikasikan. Caranya, buka fitur Discover kemudian ketikkan hashtag tertentu. Nantinya, muncul beberapa rekomendasi hashtag dengan pencarian terbanyak.

5. Perhatikan jam FYP

Kalian pasti suka bingung kapan waktu yang tepat untuk mengunggah video. Tenang aja, hasil penelitian yang dilakukan oleh Marketing Hub menunjukkan bahwa konten yang di-post pada hari dan jam tertentu berpotensi masuk ke FYP lebih cepat. Tapi, sesuaikan juga nih dengan zona waktu yang dipakai oleh followers Tiktok kalian. Unggah video di sela-sela jam istirahat mereka untuk memperoleh engagement lebih banyak.

Selain 5 cara tadi, kunci untuk masuk ke FYP Tiktok adalah kesabaran. Percaya deh, usaha yang kalian lakukan tidak akan sia-sia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt