Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Garis dan Maknanya Dalam Dunia Desain Grafis

Mengetahui Garis dan Maknanya Dalam Dunia Desain Grafis - Dalam suatu desain grafis pastinya terdapat unsur yang membentuknya. Unsur yang membentuk suatu desain grafis diantaranya garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran, warna, dan gelap terang.

Setelah sebelumya admin membahas Unsur-unsur desain grafis, pada postingan kali ini admin akan membahas salah satu unsur desain grafis yakni Garis.

Baca juga : 7 Unsur Dalam Desain Grafis, Apa saja ya?

Makna garis dalam desain grafis - fend
Gb. Makna Garis

Garis merupakan unsur dasar dalam sebuah bentuk desain. Unsur garis adalah unsur yang merupakan titik/poin yang saling terhubung dengan titik/poin lainnya yang akan membentuk sebuah bentukan gambar garis seperti garis lurus, lengkung, zigzag, tidak beraturan, horizontal, vertikal, diagonal.

Macam-macam garis dalam desain grafis:
1. Garis Horizontal 
Garis horisontal merupakan garis lurus yang sejajar dan menimbulkan kesan tenang, relaksasi, diam atau statis dan kesan melebar.

2. Garis Vertikal
Garis vertikal adalah garis lurus yang sejajar dan menimbulkan kesan stabilitas, kekuatan, atau kemegahan.

3. Garis Diagonal
Sebuah garis yang memberi kesan tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamis. Garis ini juga memberi kesan menunjukkan gerakan. Garis diagonal tidak seimbang dan dapat menimbulkan kesan lebih dramatis daripada garis horizontal atau vertikal.

4. Garis Kurva / Lengkung.
Garis lengkung memberi kesan keanggunan, halus, dan luwes. Garis melengkung lebih lembut daripada garis lurus. Garis ini mampu menyapu dan memutar di antara titik akhir. Garis kurva menampilkan ketidakpastian dan lebih tidak dapat diprediksi daripada garis lurus.

5. Garis Zig-zag
Garis zig-zag merupakan kombinasi garis diagonal yang menghubungkan titik-titik. Mereka mengambil karakteristik garis diagonal. Garis Zig-Zag menciptakan kegembiraan dan gerakan yang intens. Selain itu, garis ini juga menimbulkan  kesan bergairah, semangat, dinamika, atau bergerak cepat.

6. Garis Spiral 
Garis Spiral memberikan kesan kelahiran atau generasi penerus, hipnotis dan bersifat menerangkan. Selain itu garis spiral juga memiliki arti lentur, mengalir, dan dinamis.


Baca juga : 


Posting Komentar untuk "Mengetahui Garis dan Maknanya Dalam Dunia Desain Grafis"