Langsung ke konten utama

10 Tools Desain Grafis Gratis yang Wajib Dicoba

10 Tools Desain Grafis Gratis yang Wajib Dicoba
10 Tools Desain Grafis Gratis

Desain grafis adalah salah satu bidang yang terus berkembang pesat di era digital ini. Semakin banyaknya permintaan untuk konten visual di media sosial, situs web, dan media lainnya, semakin penting juga untuk memiliki keterampilan desain grafis yang baik. Namun, tidak semua orang mampu membeli software desain grafis mahal. Oleh karena itu, Fend.my.id telah merangkum sepuluh alat desain grafis gratis yang wajib Anda coba.

Canva

Canva
Canva

Canva adalah alat desain grafis yang populer dan mudah digunakan. Anda dapat membuat berbagai jenis desain seperti poster, kartu undangan, presentasi, dan masih banyak lagi. Canva menawarkan ribuan template desain gratis dan berbayar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

GIMP

GIMP

GIMP adalah program desain grafis gratis dan open source yang dapat digunakan untuk mengedit foto, membuat ilustrasi, dan banyak lagi. GIMP memiliki fitur seperti layer, mask, filter, dan tools seleksi yang memungkinkan Anda untuk melakukan pekerjaan desain yang kompleks.

Inkscape

Inkscape adalah program desain grafis vektor gratis dan open source. Ini berarti bahwa semua grafik yang dibuat dengan Inkscape dapat diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas. Inkscape juga memiliki fitur seperti path editing, text editing, dan transformasi objek.

Blender

Blender adalah software desain 3D gratis dan open source. Ini digunakan untuk membuat animasi, rendering, dan model 3D. Blender menawarkan banyak fitur seperti sculpting, rigging, dan compositing, yang memungkinkan Anda membuat karya 3D yang indah dan kompleks.

Gravit Designer

Gravit Designer adalah program desain grafis vektor gratis yang juga tersedia dalam versi berbayar. Gravit Designer memiliki fitur seperti path editing, boolean operation, dan tools vector seperti brush, pen, dan pencil.

Krita

Krita adalah program desain grafis gratis dan open source yang digunakan untuk menggambar dan melukis digital. Krita menawarkan banyak fitur seperti brush, filter, layer, dan mask, yang memungkinkan Anda membuat gambar digital berkualitas tinggi.

Pixlr

Pixlr adalah alat desain grafis online gratis yang dapat digunakan untuk mengedit foto dan membuat desain. Pixlr menawarkan banyak filter dan tools pengeditan foto, serta berbagai template desain yang dapat disesuaikan.

Figma

Figma adalah program desain grafis online gratis dan berbayar yang digunakan untuk membuat desain UI dan UX. Figma menawarkan fitur seperti collaborative design, prototyping, dan library design yang memungkinkan Anda untuk bekerja dengan tim secara efektif.

Sketch

Sketch adalah program desain grafis berbayar yang tersedia dalam versi gratis selama 30 hari. Sketch digunakan untuk membuat desain UI dan UX, dan menawarkan banyak fitur seperti symbols, libraries, dan artboards.

Adobe Creative Cloud

Adobe Creative Cloud menawarkan versi gratis dari beberapa program desain grafis seperti Adobe Photoshop Express, Adobe Spark, dan Adobe XD. Program gratis ini memiliki fitur-fitur yang berguna untuk membuat desain grafis dan konten visual.

Nah, itu tadi sepuluh alat desain grafis gratis yang wajib Anda coba. Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat membuat karya visual yang menarik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Selamat mencoba!

Komentar

  1. Udah yakin banget Canva bakal diulas pertama karena semudah itu. Kalau sisanya aku belum pernah dengar, tapi mau coba ah. Thank you sharingnya, Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bgt ternyata pengguna canva, mungkin karena mudah dan ga seribet yang lain.

      Hapus
  2. Canva selalu jadi andelan saya buat bikin presentasi, dan untuk Blender, saya pake pas zaman kuliah. Tugas bikin animasi terus ngerender pake Blender asik juga.

    BalasHapus
  3. Blender masuk deretan software desain grafis juga yaa? Menurut saya kurang tepat. Tapi disamping itu, sekarang tuh lebih banyak developer yang mengembangkan tools based web, seperti halnya canva (meski ada versi apps nya juga),

    BalasHapus
  4. Aku sekarang lagi nyoba krita. Karena sempat microsoftku error jadi sekarang beralih ke linux. Dan appnya krita kebetulan compatible di linux. Menurutku krita ini cocok buat beginner kaya aku, dan enggak serumit pake adobe atau corel 😁

    BalasHapus
  5. Saya familairnya dengan Canva sih Kak. Kalau yang Pixlr ama adobe pernah denger. Selain ini ternyata masih banyak lagi yang belum saya tahu.

    BalasHapus
  6. Saya pakai inkscape, ringan seperti corel dan muat di komputer kecil

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt