Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gajian Kamu Hanya Numpang Lewat? Kamu Harus Hindari Kesalahan ini! – Fend.my.id

Gajian adalah hal yang paling ditunggu-tunggu tiap bulan. Semua orang yang bekerja pasti sangat menyukai hal ini. Akan tetap beberapa dari Kamu mungkin memiliki kebiasan yang buruk dalam mengelola uang gaji sehingga memiliki dampak dimana uang gaji kamu selalu habis dalam waktu singkat. Hal ini tentunya akan membuat kamu kesusahan pada pertengahan bulan karna uang gajimu sudah habis lalu kamu akan mencari pinjaman supaya bisa bertahan hidup.

Gajian Kamu Hanya Numpang Lewat? Hindari Kesalahan ini!
© Unsplash.com

Tentunya kamu tidak mau hal seperti ini terjadi kan? Pada postingan kali ini Fend.my.id akan membahas tentang beberapa kesalahan dalam mengelola gaji.

Kesalahan dalam Mengatur Uang Gaji

1. Tidak adanya Perencanaan

Kesalahan dalam Mengatur Uang Gaji yakni Tidak ada perencanaan mengatur uang gaji
©Unsplash.com

Kesalahan pertama kenapa gajian kamu selalu cepat habis adalah kamu tidak merencanakan dengan matang dalam penggunaanya. Terlebih jika kamu termasuk orang yang konsumtif. Padahal dengan mengatur perencanaan ini bisa membuat kamu lebih bisa mengkontrol keuanganmu dengan baik.

Jika kamu tidak membuat perencanaan disetiap gajian, maka kamu jangan heran jika uang gajimu hanya numpang lewat.

2. Belanja yang Tidak Perlu

Kesalahan dalam Mengatur Uang Gaji dengan Belanja yang tidak perlu
© Unsplash.com

Jika kamu termasuk tipe orang yang konsumtif, tentunya gaji kamu lebih cepat habis. Terlebih lagi, sekarang ini sudah menjadi tren berbelanja secara online, yang awalnya kamu hanya ingin melihat-lihat lalu tertarik hingga mulai membeli barang yang dilihat.

Terlebih lagi jika kamu melihat promo suatu barang, tetapi barang tersebut tidak terlalu berguna dan tetap kamu beli, hal ini akan terus berulang sampai kamu sadar jika uangmu sudah menipis. Jadi, sebisa mungkin memanfaatkan promo dan membeli barang yang dirasa perlu dan digunakan setiap saat saja.

3. Tidak Mencatat Pengeluaran

Seperti pada poin pertama tadi, tiada perencanaan keuangan akan membuat kamu tidak bisa mengkontrol pengeluaran. Maka dari itu setiap ingin mengeluarkan uang untuk digunakan apapun itu sebisa mungkin dicatat. Hal ini akan menjadi koreksi kamu di kedepan hari dan bisa melihat titik kesalahan pada cara kamu mengeluarkan uang.

4. Sering Makan atau Jajan Di Luar

Sering Makan atau Jajan Di Luar
© Unsplash.com

Salah satu faktor yang sering membuat kantong jebol sehingga uang gaji hanya numpang lewat saja itu adalah seringnya makan dan jajan diluar terlebih lagi tempat yang dikunjungi tersebut adalah restoran yang dominan dengan harga yang mahal. Kebiasaan ini bisa diubah dengan menkontrol pengeluaran untuk makan, misal memasak sendiri atau bisa juga dihemat dengan memasak nasi dan membeli lauk pauk diluar.

5. Ceroboh Dalam Menggunakan PayLater atau Kartu Kredit

Ceroboh dalam menggunakan kartu kredit
© Unsplash.com 

Di era yang semakin maju, hingga metode pembayaran yang sudah serba digital. Terlebih lagi sekarang ini begitu mengajukan paylater dan kartu kredit. Dengan promo yang menarik untuk berbelanja dan membayarnya nanti membuat kamu akan selalu tergoda untuk berbelanja menggunakan paylater atau kartu kredit tersebut.

Padahal, dalam ilmu perencanaan keuangan ada batas maksimal penggunaan hutang, yaitu 30% setiap bulannya. Jadi, sebelum menggunakan paylater atau kartu kredit, kamu harus pastikan bahwa setiap transaksi yang kamu lakukan menggunakan paylater atau kartu kredit tidak melebihi 30% dari gaji bulanan yang kamu dapatkan.

6. Tidak Memiliki Investasi

Hal ini selalu terlupakan, padahal tabungan dan investasi itu berbeda. Investasi itu merupakan hal yang sangat penting, namun pengetahuan tentang investasi ini masih kurang terdengar.

Investasi
© Unsplash.com

Beberapa beranggapan bahwa berinvestasi itu hal yang tabuh, tetapi dengan berinvestasi kita bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat disetiap tahunnya, contoh yang sering dipakai yaitu membeli emas lalu disimpan hingga harga emas tersebut naik lalu dijual ketika diperlukan. Hal inilah yang merupakan kegunaan investasi tersebut.

Selain investasi emas Kamu juga bisa loh investasi Reksadana dan saham. Kamu bisa investasi reksadana dan saham di platform Ajaib.

Investasi reksadana dan saham
© Ajaib

Ajaib adalah aplikasi investasi yang memudahkanmu untuk berinvestasi di reksa dana dan saham secara online. Ajaib memberikan pilihan reksa dana terbaik dan platform trading saham secara real-time. Selain itu, Ajaib juga berbagai pelajaran terkait investasi untuk pemula sampai berpengalaman.

Kamu bisa mendaftar di ajaib sekuritas dengan kode referal dima741 dan dapatkan hadiah reksadana gratis.

Itulah beberapa hal yang harus kamu hindari dalam menkontrol uang gajimu. Semoga kamu lebih bisa mengelola uang gaji kamu dikedepan hari y  agar tidak menyesal dikemudian hari.

Posting Komentar untuk "Gajian Kamu Hanya Numpang Lewat? Kamu Harus Hindari Kesalahan ini! – Fend.my.id"