Langsung ke konten utama

Rekomendasi Film tentang Desain Grafis untuk Kamu yang Sedang Mencari Inspirasi

Rekomendasi Film tentang Desain Grafis untuk Kamu yang Sedang Mencari Inspirasi - Menonton film tentang desain grafis bisa menjadi sarana untuk menyerap inspirasi untuk kamu yang ingin terjun ke dalam dunia desain.

Film tentang desain grafis
Film tentang desain grafis

Mempelajari sesuatu tak melulu lewat buku atau video tutorial dari media streaming kesayangan. Film juga bisa kok menjadi media pembelajaran, apalagi film-film yang berdasarkan kisah nyata.

Penasaran dengan rekomendasi film mengenai dunia desain grafis? Simak lebih lanjut rangkuman artikel berikut ini.

1. Helvetica (2007)

Film tentang desain grafis - Helvetica (2007)
Helvetica

Helvetica merupakan sebuah film dokumenter mengenai jenis typeface yang akan selalu menemani para desainer grafis, yakni helvetica.

Film yang disutradarai oleh Gary Hustwit dan rilis pada tahun 2007. Film ini sukses merayakan sejarah Helvetica, dan menyertakan berbagai alasan mengenai daya tarik typeface tersebut.

Film ini juga mengkaji tentang bagaimana tipografi dan desain grafis telah memengaruhi budaya kita sehari-harinya.

Film ini juga bercerita bagaimana Helvetica sudah menjadi bagian dari budaya populer yang tak akan pernah mati.

2. Objectified (2009)

Film tentang desain grafis - Objectified (2009)
Objectified

Film dokumenter tentang desain grafis ini membahas hubungan konsumen dengan berbagai produk serta orang-orang yang menciptakan desainnya. 

Film ini merupakan penghargaan untuk semua proses pembuatan desain dan bagaimana produk dengan desain yang sangat menggiurkan telah memengaruhi pasar.

Sama seperti Helvetica, film ini digarap oleh Gary Hustwit dan dianggap sebagai karya yang sukses mengkritik kehidupan konsumerisme masyarakat modern.

3. Eames: The Architect and Painter (2011)

Film tentang desain grafis - Eames: The Architect and Painter (2011)
Eames: The Architect and Painter

Eames Watching: The Architect and the Painter adalah film dokumenter yang harus ditonton para fotografer, arsitek dan desainer yang sedang mencari inspirasi. 

Film dokumenter satu ini merupakan salah satu film tentang desain grafis terbaik. Film yang menceritakan kehidupan pribadi dan profesional dari Charles dan Ray Eames, visioner industri desain.

Orang-orang ini berhasil memberikan bumbu baru pada budaya populer Amerika Serikat. Baik itu strategi pembuatan film, maupun desain untuk perabotan dan mainan.

Kedua rekan kerja ini menciptakan banyak perspektif yang dipandang oleh banyak orang sebagai pengaruh desain terbesar di dunia.

4. Art and Copy (2009)

Film tentang desain grafis
Art and Copy

Pernah mendengar slogan populer ‘Just Do It’ milik perusahaan Nike yang sangat mendunia?

Nah, film dokumenter satu ini menelisik berbagai latar belakang perancangan kampanye periklanan yang dianggap sangat ikonik.

Dokumenter pada film ini mewawancarai otak di balik materi iklan yang sukses menggaet perhatian seluruh publik di dunia.

Mencari tahu dari mana mereka mendapatkan inspirasi dan bagaimana tim marketing perusahaan raksasa berhasil menyebarkan pesan mereka ke semua lapisan masyarakat.

5. Exit Through The Gift Shop (2010)

Film tentang desain grafis
Exit Through The Gift Shop

Rekomendasi film tentang desain grafis selanjutnya adalah Exit Through The Gift Shop karya Banksy, salah satu legenda street art yang berasal dari Los Angeles.

Protagonis, Thierry Guetta, adalah seorang imigran Prancis yang tinggal di LA, dan terobsesi dengan seni jalanan.

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan ilustrasi, film ini sangat penting untuk desainer yang bekerja dengan bermacam genre yang berbeda-beda.

6. Logorama (2009)

Film tentang desain grafis
Logorama

Film tentang desain grafis ini direkomendasikan untuk kamu yang sedang mendalami teknik desain logo. 

Logorama adalah film animasi pendek berdurasi 15 menit di mana semua karakter yang bermain terbuat dari logo perusahaan raksasa.

Film asal Prancis ini mengisahkan badut Ronald McDonald yang menggila dan menembaki semua karakter lain.

Sarat kritik dan penuh satir, film ini menggambarkan perilaku konsumerisme yang sudah melekat di kehidupan manusia modern.

7. Urbanized (2011)

Film tentang desain grafis
Urbanized

Film tentang desain grafis selanjutnya yang akan admin rekomendasikan untukmu berjudul Urbanized.

Film ini merupakan dokumenter panjang tentang desain kota. Film yang membahas isu dan strategi di balik desain perkotaan dan menampilkan beberapa arsitek, perencana, pembuat kebijakan, pembangun, dan pemikir terkemuka di dunia.

Di sini, kamu para desainer akan belajar lebih dalam mengenai technical process serta hambatan yang sifatnya tak bisa dihindari dalam dunia desain.

Selain itu, bagi kamu yang ingin mendalami seni desain bangunan dan arsitektur, film dokumenter ini wajib untuk ditonton.

8. Design Canada (2018)

Film tentang desain grafis
Design Canada

Design Canada merupakan film tentang desain grafis lainnya yang dinilai penting untuk ditonton para desainer muda.

Mengapa demikian? Sebab, konten di dalamnya akan menjadi inspirasi bagi desainer untuk menciptakan nilai dan identitas pada karyanya.

Design Canada sendiri menceritakan sejarah dunia desain grafis di Kanada dan menyoroti kisah tak terhitung mengenai identitas negara tersebut.

Design Canada juga menampilkan cara sekelompok desainer ternama dari Kanada menggunakan desain grafis untuk menyatukan bangsa mereka.

9. The Pixar Story (2007)

Film tentang desain grafis
The Pixar Story

Bagi kamu penggemar kartun dan CGI, The Pixar Story merupakan salah satu film tentang desain grafis yang perlu ditonton.

Dokumenter tahun 2007 ini menceritakan kondisi di balik layar dan menampilkan karya serta dedikasi yang mendorong Pixar Animation Studios.

Studio animasi komputer Amerika ini adalah anak perusahaan dari Walt Disney Studios dan terkenal dengan film animasi komputernya yang sukses.

Film dokumenter ini juga mencakup wawancara dengan Tom Hanks, Michael Eisner, salah satu pendiri perusahaan ternama Steve Jobs, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mendalami dunia motion graphic dan animasi, The Pixar Story sifatnya penting untuk kamu saksikan.

10. Andy Warhol: A Documentary Film (2006)

Film tentang desain grafis
Andy Warhol: A Documentary Film

Film tentang desain grafis terakhir yang perlu kamu tonton adalah Andy Warhol: A Documentary Film.

Dokumenter karya Ric Burns yang berdurasi empat jam ini wajib ditonton oleh semua penggemar Andy Warhol.

Ia mengeksplorasi peran sentral Warhol dalam mendobrak batas antara seni komersial dan seni rupa.

Film ini juga memaparkan bagaimana hal tersebut telah mengubah cara kita memandang dunia desain, khususnya seni rupa murni.

Andy Warhol: A Documentary Film juga bisa menjadi penekan bagaimana Warhol menjadi artis terhebat di paruh kedua abad ke-20.

Itu dia rekomendasi film tentang dunia desain grafis yang bisa fend berikan untukmu, kamu bisa ikuti film-film di atas untuk menyerap informasi dan mempelajari bagaimana para ahli desain berlomba menjadi yang terbaik.

Ingat, tak ada kata terlambat untuk belajar, terutama bila kamu sedang bersaing mengejar cita-cita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt