Langsung ke konten utama

5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Wajah

5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Wajah
Gb. Manfaat buah lemon

Buah lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat. Buah lemon juga dikenal karena efek detoksifikasinya, terutama jika menambahkan potongan buah lemon atau sari lemon ke dalam air untuk diminum.

Buah lemon juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk masalah kulit. Karena banyaknya manfaat buah lemon untuk kesehatan wajah dan kulit, banyak produk-produk kecantikan di berbagai dunia yang mengandung lemon sebagai komposisi utamanya.

Penasaran apa saja manfaat buah lemon untuk kesehetan wajah? Simak baik-baik ya artikel berikut ini.

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat buah lemon untuk wajah yang pertama dan cukup terkenal adalah buah lemon dapat membantu mengobati jerawat.

Karena kandungan asam sitratnya, buah lemon memiliki sifat astringen alami, yaitu zat kimia alami berbasis air dan bermanfaat untuk membersihkan wajah.

Selain membantu membersihkan wajah, astringen juga mampu mengencangkan pori-pori dan dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah yang merupakan faktor utama tumbuhnya jerawat.

Tingkat keasaman lemon yang cukup tinggi juga memiliki efek antibakteri atau antimikroba yang dapat membantu mengurangi inflamasi sehingga dapat mencegah jerawat tumbuh dan meradang.

Akan tetapi, terapi perasan buah lemon untuk mengobati jerawat ini tidak dianjurkan untuk kalian yang memiliki masalah kulit sensitif, karena justru dapat memicu peradangan dan membuat wajah merasakan sensasi panas dan juga gatal.

Untuk menyiasatinya, kalian dapat menggunakan madu sebagai campuran masker perasan buah lemon. Faktanya, kombinasi madu dan buah lemon untuk mengobati jerawat terbukti ampuh.

Para peneliti menemukan bahwa madu dapat membantu mengurangi tumbuhnya jerawat dengan membunuh sejumlah jenis bakteri penyebab jerawat.

2. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon membuatnya memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit.

Banyak sekali produk pencerah wajah yang mengandung ekstrak lemon.

Perlu diketahui, terngata kulit kita juga membutuhkan vitamin C, karena merupakan antioksidan yang bertindak untuk melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta salah satu faktor kulit kusam.

Vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit yang membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, meratakan warna kulit dan meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

3. Meredakan Gatal

Manfaat buah lemon untuk wajah selanjutnya adalah membantu meredakan gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh jamur.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, bahwa perasan buah lemon memiliki sifat anti jamur.

Lemon juga dapat membunuh strain jamur Candida yang merupakan jamur penyebab infeksi pada kulit.

4. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tentu banyak perubahan yang terjadi di kulit, khususnya di wajah.

Menurunnya kadar kolagen dalam kulit menjadi faktor timbulnya bintik hitam, kerutan halus, serta kulit kusam.

Munculnya gejala-gejala tersebut di wajah dapat dianggap sebagai beberapa tanda kulit sudah mengalami tanda-tanda penuaan.

Walaupun Moms rela mengeluarkan uang untuk menjalani treatment kecantikan, pertimbangkan juga khasiat buah lemon yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon tidak hanya dapat mencerahkan kulit saja, tetapi juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi garis-garis halus.

5. Menghilangkan Komedo

Manfaat buah lemon untuk wajah lainnya adalah buah lemon dapat membantu menghilangkan komedo.

Lemon mengandung asam sitrat yang merupakan bentuk alami dari Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Mengutip dari Healthline, Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah sekelompok asam yang diturunkan dari tumbuhan dan hewan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Produk yang biasanya mengandung AHA adalah produk perawatan anti-aging harian, seperti serum, toner, dan krim. Zat ini juga dapat membantu dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Dari beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan wajah yang telah di sebutkan, ternyata buah lemon juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh juga loh. Penasaran? Cek artikel berikut ini. 

7 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Tubuhmu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt