Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Alpukat, Buah yang Enak dan Lembut

Manfaat Buah alpukat

Alpukat merupakan buah dari pohon Persea americana. Buah alpukat memiliki kulit luar yang kasar dengan daging buah berwarna hijau kekuningan. Tekstur buah alpukat yang matang terasa lembut.

Buah alpukat sangat populer karena memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal atau bisa disebut lemak baik. Buah dengan warna kulit hijau ini juga mengandung serat, karbohidrat, protein yang memang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak hanya itu, ada pula magnesium, folat, lutein, kalium, dan berbagai vitamin termasuk vitamin C, A, B, K, dan E pada buah ini. Untuk lebih jelas ini dia daftar kandungan gizi dari buah alpukat.

Kandungan gizi buah alpukat

Mengutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, komposisi gizi yang terkandung dalam 100 gram (g) buah alpukat adalah sebagai berikut:
  • Air: 84,3 g
  • Energi: 85 Kalori (Kal)
  • Protein: 0,9 g
  • Lemak: 6,5 g
  • Karbohidrat: 7,7 g
  • Abu: 0,6 g
  • Kalsium (Ca): 10 miligram (mg)
  • Fosfor (P): 20 mg
  • Besi (Fe): 0,9 mg
  • Natrium (Na): 2 mg
  • Kalium (K): 278,0 mg
  • Tembaga (Cu): 0,20 mg
  • Seng (Zn): 0,4 mg
  • Beta-Karoten: 189 mikrogram (mcg)
  • Karoten Total (Re): 180 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,05 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,08 mg
  • Niasin (Niacin): 1,0 mg
  • Vitamin C: 13 mg
Selain yang telah disebutkan di atas, alpukat mengandung gizi yang penting untuk kesehatan Anda, yaitu folat. Terdapat sekitar 81 mcg atau 0,081 mg folat di dalam 100 g alpukat.

Alpukat juga kaya antioksidan, seperti lutein. Hal ini terbukti karena di dalam 100 g alpukat, terdapat 271 mcg atau sekitar 0,271 mg lutein.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat


Dari sejumlah penelitian menjelaskan ada beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh kalian, diantaranya sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan mata

Buah Alpukat mengandung zeaxanthin dan lutein, dua fitokimia yang ada di jaringan mata. Zat ini memberikan perlindungan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan, termasuk dari paparan sinar UV.

2. Mengandung kalium yang bermanfaat

Buah alpukat mengandung potasium (kalium) yang baik untuk kesehatan kalian. Dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram buah alpukat mengandung 485 mg kalium.

Dilansir dari laman MedlinePlus, potasium membantu saraf berfungsi dan otot berkontraksi, serta membantu detak jantung agar tetap teratur. Potasium juga membantu memindahkan nutrisi ke dalam sel dan produk limbah keluar dari sel.

Mengonsumsi kalium dari alpukat dapat membantu mengimbangi beberapa efek berbahaya natrium pada tekanan darah. Tingkat kalium yang rendah dapat membuat otot terasa lemah, kram, berkedut, atau bahkan menjadi lumpuh, serta irama jantung yang tidak normal dapat terjadi.

3. Membantu mencegah kanker

Buah alpukat mengandung sejumlah senyawa yang mampu mencegah kanker. Menurut studi Dreher dan Davenport dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, alpukat mengandung sejumlah fitokimia bioaktif termasuk:
  • Karotenoid.
  • Terpenoid.
  • D-mannoheptulose.
  • Persenon A dan B.
  • Fenol.
  • Glutathione.
Senyawa tersebut memiliki sifat anti-karsinogenik. Fitokimia yang diekstraksi dari buah alpukat secara selektif menginduksi penghentian siklus sel, menghambat pertumbuhan, dan menginduksi kematian pada sel kanker.

4. Menurunkan kolesterol

Dari data USDA, dalam setiap 100 gram alpukat terdapat 76 miligram sterol tumbuhan alami yang disebut beta sitosterol. Merujuk pada publikasi Maurice M. Best, dkk. dalam AHA Journals, beta sitosterol membantu menurunkan kolesterol.

Peneliti mencatat kadar kolesterol plasma dan hati yang jauh lebih rendah akibat beta sitosterol. Akibatnya, terjadi penurunan signifikan dalam insiden aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak, kolesterol dan zat lain di dalam dan di dinding arteri.

Studi tersebut menyimpulkan, beta sitosterol bekerja dengan mengganggu penyerapan kolesterol pada makanan dan empedu.

5. Buah Alpukat Baik untuk kesehatan jantung

Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin sebanyak satu buah sehari terbukti untuk menjaga kesehatan jantung. Fakta tersebut diungkap oleh sekelompok ilmuwan dari Pennsylvania State University dalam Journal of Nutrition.

Subjek penelitian melakukan aktivitas makan terkontrol secara acak. Peneliti menyimpulkan, makan satu alpukat sehari dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih rendah pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Dari hasil studi yang dilakukan menemukan bahwa alpukat bisa membantu mengurangi partikel kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang telah teroksidasi. Serupa dengan cara oksigen dapat merusak makanan, seperti potongan apel yang berubah warna menjadi coklat, para peneliti mengatakan oksidasi juga buruk bagi tubuh manusia.

6. Menurunkan berat badan

Buah alpukat dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan, orang yang makan alpukat sebagai makanan pokok merasa 23% lebih puas dan memiliki keinginan makan 28% lebih rendah dalam lima jam ke depan dibandingkan orang yang tidak makan alpukat.

Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga tubuh agar kenyang lebih lama sekaligus menahan nafsu makan berlebih sehingga alpukat mampu menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak

Alpukat kaya akan asam oleat (OEA), yaitu asam lemak omega-9 yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan kognitif. Sebuah studi  yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America menemukan bahwa jenis asam lemak omega-9 dalam alpukat dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

8. Membantu mencegah penyakit gusi

Selain dikonsumsi sebagai buah, alpukat juga dapat diolah menjadi minyak yang membantu mencegah penyakit gusi. Minyak alpukat dapat membantu menenangkan gusi yang teriritasi karena mengandung anti-inflamasi alami.

bahan utama dalam minyak alpukat juga dapag meningkatkan efek perlindungan terhadap penyakit periodontal.

Itu dia beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan kalian, jangan lupa tetap olahraga agar tubuh selalu sehat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Alpukat, Buah yang Enak dan Lembut"