Langsung ke konten utama

3 Tips Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

Keyword: tips puasa, tubuh bugar, hidup sehat,
Gb. Tips Puasa

Bulan Ramadan sebentar lagi akan datang, inilah waktunya bagi umat muslim untuk melaksanakan kewajiban menjalankan ibadah puasa. 

Meski selalu dilakukan setiap tahun, ibadah puasa selalu menjadi tantangan tersendiri bagi yang menjalankannya. Selama sebulan penuh, memang bukan hal yang mudah untuk melaksanakan kewajiban mengendalikan emosi serta menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. 

Jika dalam bulan-bulan lainnya kita selalu makan dan minum sesuka hati, termasuk mematuhi saran untuk minum air mineral sesering mungkin sesuai kebutuhan tubuh, lalu bagaimana menjaga hidrasi tubuh selama bulan puasa?

Tentunya banyak langkah perlu dilakukan supaya ibadah spesial yang datang setahun sekali ini memberikan pahala sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Simak tiga 3 tips berpuasa berikut ini untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat beribadah di bulan Ramadan.

1. Pilih makan dan minuman, lakukan secara bertahap dan dengan porsi secukupnya

Berkumandangnya adzan Maghrib, menandakan waktu berbuka telah tiba. Setelah kurang lebih 12 jam menahan lapar dan haus, tentu keinginan untuk menyantap berbagai macam makanan dan minuman dalam porsi yang banyak semakin menggebu.

Hindari makan dalam jumlah banyak dalam sekali waktu. Ingat, hikmah bulan puasa adalah pengendalian diri. Upayakan untuk berbuka puasa dengan porsi sewajarnya dan secara bertahap. 

Istilah ‘lambung kaget’ bisa jadi benar adanya. Membatasi porsi dan makan atau minum, dan mengonsumsinya secara bertahap akan membuat kinerja lambung tidak terlampau berat sebab lambung membutuhkan ruang kosong untuk mencerna makanan. 

Kalian disarankan untuk mengunyah makanan dengan baik agar proses pencernaan makanan pun lebih mudah dilakukan oleh lambung.

Selain memerhatikan porsi, pemilihan makanan ketika sahur dan berbuka juga berpengaruh pada kadar gula saat puasa. Komposisi makanan dan cara makan yang kurang tepat seringkali mengakibatkan gula darah turun setelah seharian berpuasa.

Oleh karena itu, saat sahur, penuhi kebutuhan karbohidrat, lemak dan protein yang seimbang. Saat berbuka puasa, lebih baik dimulai dengan minum air putih terlebih dahulu untuk mengembalikan cairan di dalam tubuh, lalu lanjutkan dengan buah kurma yang dapat mengembalikan gula darah.

2. Olahraga untuk menjaga tubuh tetap bugar

Meskipun puasa menyebabkan energi tubuh cenderung lebih cepat berkurang, namun hal ini bukan jadi alasan untuk berhenti berolahraga.

Justru sebaliknya, berolahraga selama bulan puasa merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan para ahli untuk menjaga kebugaran tubuh, tentunya dengan beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan.

Pertama, pilih olahraga intensitas rendah hingga sedang (low impact) seperti yoga, skipping, jogging, atau bersepeda di dalam ruangan, dengan durasi kurang dari 1 jam.  Kedua, kalian bisa memilih waktu yang tepat. Misalnya saat sore hari sehingga tidak terasa haus sepanjang hari dan kalori yang hilang bisa segera tergantikan dengan menu buka puasa. Menurut para ahli, sore hari memang merupakan waktu yang tepat karena tidak lama setelah berolahraga, waktu berbuka pun tiba.

Hindari berolahraga terlalu berat terutama di hari-hari pertama puasa karena tubuh masih butuh penyesuaian. Lakukan olahraga ringan dengan durasi singkat, lalu tambah perlahan di hari-hari berikutnya. 

Lupakan juga keinginan untuk berolahraga di siang hari karena cenderung lebih panas dan rentang waktu yang berjauhan dengan waktu berbuka dapat membuat tubuh relatif lebih mudah lemas.

3. Perbanyak konsumsi air mineral

Dampak kekurangan konsumsi air mineral saat puasa sama seperti dampak kekurangan konsumsi air pada umumnya, yaitu menyebabkan tubuh dehidrasi. Akibatnya akan timbul rasa haus yang kuat, kehilangan cita rasa, dan perasaan tidak nyaman. Bahkan dapat mengakibatkan sulit konsentrasi, gemetar berlebihan, mengantuk, muntah, dan ketidakstabilan emosi.

Tentunya kondisi seperti ini membuat tidak nyaman, terutama saat bulan puasa, karena Kalian tidak dapat menstabilkan keadaan tersebut dengan segera minum air mineral. 

Kuncinya adalah menjaga asupan air mineral saat menjalankan ibadah puasa sesuai dengan kebutuhan tubuh. Menurut para ahli, setidaknya rata-rata tubuh orang dewasa dengan intensitas aktivitas sedang memerlukan asupan air mineral sebanyak dua liter (setara dengan delapan gelas). Jika melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi, tentu lebih tinggi pula kebutuhan air mineralnya.

Lalu, bagaimana menjaga asupan air mineral secara cukup saat kita harus puasa minum selama 12 jam? 

Penuhi kebutuhan hidrasi dengan mengonsumsi air mineral dengan pola minum 242. Artinya, minum dua gelas air mineral saat waktu berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur. 

Satu hal yang tidak kalah penting adalah menjaga hidrasi tubuh kita dengan memilih air mineral terbaik. 

Tiga tips puasa di atas dapat Anda terapkan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Selamat berpuasa bagi Anda yang menjalankannya. Punya tips lain agar tetap sehat selama bulan puasa yang berhasil Anda terapkan selama ini? Silakan berbagi dengan kami di sosial media, ya! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tablet yang Cocok untuk Mahasiswa Desain Grafis

Rekomendasi tablet yang cocok untuk desain Mahasiswa jurusan desain pastinya membutuhkan perangkat yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas mereka. Salah satu perangkat penting dalam dunia desain adalah tablet. Tablet memungkinkan mahasiswa desain untuk menggambar, merancang, dan menyelesaikan proyek-proyek mereka secara efisien di mana pun mereka berada tanpa perlu membawa PC kemana saja. Dengan tablet seorang mahasiswa bisa mengerjakan tugasnya di Cafe atau tempat nyaman lainya. Dalam artikel ini, fend.my.id akan memberikan rekomendasi tablet yang cocok untuk mahasiswa desain, dengan mempertimbangkan kinerja, presidi, kemampuan stylus, dan kebutuhan desain lainnya 1. Apple iPad Pro (2021) Apple iPad pro (2021) Di urutan pertama tentunya ada dari produk Apple. Apple iPad Pro adalah salah satu tablet terbaik yang dapat membantu mahasiswa desain dalam menjalankan aplikasi desain seperti Adobe Creative Cloud, Procreate, atau Affinity Designer. iPad Pro hadir dengan layar Li

Sejarah yang Menginspirasi di Balik Logo Nike "Swoosh"

Logo Nike "Swoosh" adalah salah satu ikon desain grafis yang paling dikenal di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah logo ini dimulai dan apa maknanya? Dalam artikel ini, kita akan mengungkap kisah menarik di balik logo Nike "Swoosh" yang menjadi simbol keberhasilan dan inspirasi. Carolyn Davidson Pada tahun 1971, seorang mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson dipekerjakan oleh pendiri Nike, Phil Knight. Pada saat itu, Nike masih merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang sepatu olahraga. Phil Knight ingin menciptakan logo yang sederhana dan mudah diingat untuk mereknya yang baru. "Swoosh" Desain 1971 Carolyn Davidson menghabiskan waktu sekitar 17,5 jam untuk menciptakan desain yang akhirnya dikenal sebagai "Swoosh". Desain tersebut terinspirasi oleh gerakan dinamis, kecepatan, dan kebebasan. "Swoosh" yang melengkung dan tegas ini menggambarkan pergerakan yang kuat, seolah-olah merepresentasikan atlet yang

Mengetahui Asal-usul Meme di Internet

Troll face meme Meme di internet punya sejarah tersendiri di dunia, mulai dari gambar hamster berjoget hingga meme-meme berbau politik era kini. Bahkan ada meme tertentu yang dilarang di beberapa negara. Limor Shifman dalam bukunya, ‘Memes in Digital Culture’, menjelaskan ‘meme internet’ sebagai item digital. Namun tidak semua bentuk item digital disebut meme. “Meme internet adalah item-item digital dengan kesamaan karakteristik konten, bentuk, dan/atau pendirian, yang dibuat dengan kesadaran satu sama lain, serta diedarkan, ditiru, dan/atau diubah via internet oleh banyak penggunanya,” tulis Shifman. Meme lekat dengan sifat viral di internet, bisa gambar atau video. Namun, tak semua konten viral adalah meme. Konten viral hanya terdiri dari satu unit item dan diperbanyak, sedangkan meme internet bukan hanya bergantung pada satu unit item, melainkan ada jalinan satu sama lain. Ciri-ciri video meme yang bukan sekadar video viral adalah mengandung humor, simpel, repetitif, dan konyol. Unt